Dibagi Maret 2020, Ini Cara Dapatkan Kartu Pra-Kerja :: Nusantaratv.com

Dibagi Maret 2020, Ini Cara Dapatkan Kartu Pra-Kerja

Rencananya pengantin baru juga akan mendapatkan kartu ini
Dibagi Maret 2020, Ini Cara Dapatkan Kartu Pra-Kerja
Kartu Pra-Kerja. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mulai Maret 2020, Kartu Pra-Kerja akan dibagikan ke masyarakat. Kartu yang menjadi program kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 ini, nantinya berisi saldo sekitar Rp 3,650 juta sampai Rp 7,650 juta.

Baca juga: Jokowi Minta Januari Kartu Pra-Kerja Bisa Dinikmati

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebut Kartu Pra-Kerja dibagikan ke para pengantin baru yang masuk kategori miskin.

"Kemarin waktu rapat terbatas sudah diputuskan oleh Pak Presiden bahwa nanti yang mengkoordinasi adalah Pak Menko Perekonomian, Airlangga Hartato," ujar Muhadjir di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019). 

Pemberian Kartu Pra-Kerja ke para pengantin baru ini masuk ke dalam program sertifikasi nikah. 

Usai calon pengantin menyelesaikan bimbingan nikah selama tiga bulan, mereka yang tak memiliki sumber penghasilan diperkenankan mengikuti pelatihan lanjutan atau pra-kerja.

"Jadi Kartu Pra-Kerja ini bukan kartu yang dibagikan kepada para penganggur. Uang (pada kartu) itu digunakan untuk membiayai program pelatihan yang diambil oleh para pencari kerja atau yang terkena PHK dan ingin mendapatkan pekerjaan baru," paparnya.

Di samping pelatihan pra-kerja, pengantin baru yang memilih membuka usaha sendiri dibanding bekerja, turut dimudahkan untuk memperoleh kredit usaha rakyat (KUR). Proses pemberian KUR akan terhubung dengan Kementerian Koperasi dan UMKM.

"Jadi nanti untuk mereka yang bergerak di dunia usaha, dalam rancangannya itu diarahkan agar yang bersangkutan bisa mendapatkan akses KUR. Karena itu hal ini juga melibatkan Kementerian Koperasi dan UMKM," papar Muhadjir. 

Pemberian Kartu Pra-Kerja ke para pengantin baru akan diwujudkan Maret 2020. Saat ini rancangan Kartu Pra-Kerja tengah digodok.

"Kalau permintaan pak Presiden, Maret ini sudah bisa dilaksanakan," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0