Dear Traveler, Tol Trans Jawa Bakal Terhubung Tol di Bali Nih! :: Nusantaratv.com

Dear Traveler, Tol Trans Jawa Bakal Terhubung Tol di Bali Nih!

Pembangunannya saat ini masih dalam tahap studi
Dear Traveler, Tol Trans Jawa Bakal Terhubung Tol di Bali Nih!
Tol Trans Jawa. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Jalan Tol Trans Jawa disebut akan terhubung dengan tol yang melingkari Pulau Bali. Trase atau sumbu jalannya, dimulai dari Tol Gilimanuk-Tabanan yang bakal terkoneksi dengan jaringan Tol Trans Jawa yaitu Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ditargetkan Beroperasi Saat Lebaran 

"Ya kira-kira akan begitu logikanya kan. Apalagi kita juga mengharapkan dia juga nyambung dengan Tol Bali Mandara," ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit, di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Menurut Danang, Tol Bali Mandara yang sekarang telah beroperasi, memerlukan dukungan infrastruktur lain guna pengembangan. Apabila tidak dilakukan, tol itu terancam sepi pengguna.

"Karena kan Bali Mandara ini jalan tol yang sangat tergantung pada proyek-proyek pemerintah ya. Kalau jalan alternatif tidak diperbaiki kan traffic-nya drop," tutur Danang.

Ia tak merinci trase Tol Gilimanuk-Tabanan. Tapi, ia memastikan tol itu akan menjadi penghubung penting antar wilayah pesisir Bali.

"Itu kan dari Tabanan dulu kemudian ke daerah Denpasar. Jadi itu akan nyambung, kemungkinan besar kan merupakan sabuk Pulau Bali," jelasnya..

Proyek tersebut saat ini masih dalam tahap studi kelayakan. Setidaknya perlu waktu 8 bulan untuk menyelesaikan studi kelayakan ini, sebelum ditentukan pemberian izin prakarsa.

Pada akhir tahun 2020, proyek ini harus sudah mendapatkan jawaban berlanjut ke proses tender atau tidak.

"Sekarang ini dokumennya ada di Ditjen Pembiayaan Infrastruktur untuk proses studi kelayakannya. Kalau memang itu disetujui nanti pasti tugas kami untuk kita tenderkan," tandas Danang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0