China Kecewa Keputusan RI Sikapi Corona, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu :: Nusantaratv.com

China Kecewa Keputusan RI Sikapi Corona, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu

Jokowi mengakui keputusan pemerintah turut merugikan Indonesia
China Kecewa Keputusan RI Sikapi Corona, Jokowi: Kepentingan Nasional Nomor Satu
Jokowi bersama Dubes Xiao Qian.

Jakarta, Nusantaratv.com - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian kecewa terhadap keputusan pemerintah Indonesia yang menyetop penerbangan dari dan ke China, serta berencana menghentikan impor pangan dari Negeri Tirai Bambu. 

Baca juga: China Kecewa Indonesia Setop Impor Pangan dan Penerbangan 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara menanggapi pernyataan Xiao. Menurut dia, kebijakan yang dikeluarkan menyikapi penyebaran virus corona di China itu semata-mata untuk kepentingan rakyat Indonesia. 

"Ya, apa pun, saya sampaikan bahwa kepentingan nasional kita tetap nomor satu. Dinomorsatukan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020). 

Jokowi mengakui wabah virus corona dari China berdampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Tapi kondisi tersebut menurutnya bukan hanya dialami Indonesia, tapi juga negara lainnya. 

"Kami ngomong apa adanya termasuk negara kita, Indonesia. Tetapi berapa persen nanti ada imbas ke pertumbuhan ekonomi kami, itu yang belum bisa dikalkulasi," tuturnya. 

Sebelumnya, Xiao menyebut keputusan menghentikan penerbangan dari dan ke China akan merugikan industri pariwisata Indonesia. Termasuk juga rencana penghentian impor pangan dari China. 

Xiao menjelaskan, penyebaran virus corona sejauh ini belum terbukti bisa menular melalui bahan pangan.

"Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri," kata Xiao di kantornya, Jakarta, Selasa (4/1/2020).

"Saya pikir Tiongkok sudah 7 atau 8 tahun berturut-turut menjadi mitra perdagangan terbesar di Indonesia dan Tiongkok sudah... seminimalnya tingkat negara kedua terbesar sumber wisatawan asing setiap tahun ada 2 juta lebih turis dari China yang datang ke Indonesia. Dan Tiongkok juga adalah salah satu sumber investasi terbesar kepada Indonesia," sambung dia. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0