Cegah Corona, Rapat Paripurna DPR Digelar dengan Pembatasan :: Nusantaratv.com

Cegah Corona, Rapat Paripurna DPR Digelar dengan Pembatasan

Asisten pribadi dan sopir anggota DPR dilarang masuk ke Gedung DPR
Cegah Corona, Rapat Paripurna DPR Digelar dengan Pembatasan
Rapat paripurna DPR.

Jakarta, Nusantaratv.com - Rapat paripurna digelar DPR RI hari ini, Senin (30/3/2020). Rapat ini digelar di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia. 

Baca juga: Besok Penentuan Jakarta Di-lockdown atau Enggak 

Karena itu, sejumlah protokol pencegahan covid-19 pun diberlakukan dalam rapat tersebut. 

Antara lain akses masuk anggota menuju ruang rapat paripurna yang hanya satu pintu. 

"Hanya melalui kantor pos DPR RI," ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam surat tata-cara pelaksanaan rapat paripurna yang beredar, dikutip Senin (30/3/2020). 

Orang-orang yang diperbolehkan masuk Gedung Nusantara, juga hanya anggota DPR dan petugas persidangan. Mereka wajib mengenakan pin anggota DPR, dan kartu pengenal bagi petugas persidangan. 

Sebelum masuk ke lobby Gedung, dilakukan pemeriksaan standar penanganan covid-19 terhadap anggota dan petugas. Mereka dicek suhu tubuhnya, melalui bilik disinfektan, penyemprotan alas kaki, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menggunakan masker bagi yang kurang sehat. 

Pengisian daftar hadir di lobby Gedung Nusantara, juga dilakukan secara berbeda. Untuk pimpinan minimal dihadiri tiga orang, sementara absen fraksi cukup diwakili satu orang, untuk yang mewakili komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) juga satu orang. 

"Posisi duduk anggota DPR akan diatur berjarak satu dengan yang lainnya," kata Indra. 

Selain hadir secara fisik, anggota bisa mengikuti rapat secara virtual melalui aplikasi Zoom Room Meeting atau dengan menyaksikan live streaming. Mereka nantinya dibagikan kode ID join meeting dan password melalui fraksi. 

Seluruh staf administrasi anggota DPR dan tenaga ahli baik dari anggota, fraksi dan AKD tak diperkenankan masuk Gedung Nusantara. 

Wartawan yang meliput juga dibatasi, maksimal hanya 10 orang. Mereka masuk ke ruang rapat melalui tangga depan Bank Mandiri untuk menuju balkon, dengan sebelumnya diperiksa standar penanganan covid-19.

"Perangkat penunjang seperti sopir, asisten pribadi anggota DPR tak diperkenankan masuk Gedung DPR. Mereka juga tak diperbolehkan berkerumun di luar dan area gedung. Parkir mobil dilakukan di halaman terbuka dan berjarak," tandas Indra. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0