Buset! Ternyata Anggaran Aibon Rp 127 M dan Pulpen Setengah Triliun Lebih :: Nusantaratv.com

Buset! Ternyata Anggaran Aibon Rp 127 M dan Pulpen Setengah Triliun Lebih

ICW menemukan total anggaran Aibon dan pulpen di KUA-PPAS 2020 lebih besar
Buset! Ternyata Anggaran Aibon Rp 127 M dan Pulpen Setengah Triliun Lebih
Pulpen

Jakarta, Nusantaratv.com - Bukan cuma Rp 82,8 miliar anggaran lem Aibon yang diajukan Pemprov DKI Jakarta, tapi hingga Rp 127 miliar. Angka ini ditemukan Indonesian Corruption Watch (ICW) pada Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2020. 

Baca juga: Kepala Bappeda DKI Mundur, Gara-gara Aibon Rp 82,8 M? 

Menurut peneliti ICW Almas Sjafrina, anggota DPRD DKI Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana, hanya menyoroti satu pengadaan lem Aibon. Padahal, ada 14 pengadaan serupa yang menjadikan anggaran lem Aibon total sebesar Rp 127 miliar.

"Kalau dihitung total KUA-PPAS yang dokumennya beredar di publik, paling tidak ada 15 pengadaan dengan total Rp 127 miliar. Jadi Rp 82 Miliar itu baru 1 pengadaan saja, ada 14 pengadaan lain," kata Almas di Kantor ICW, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

Di samping lem Aibon, ICW juga menemukan anggaran janggal terkait pengadaan alat tulis kantor lainnya yakni ballpoint atau pulpen yang mencapai Rp 678 miliar.

Di temuan PSI, anggaran untuk pengadaan pulpen hanya sebesar Rp 124 miliar.

"Ada ballpoint mencapai lebih dari Rp 678 miliar, ini juga menimbulkan pertanyaan, apakah memang DKI membutuhkan bolpoin sebanyak itu? Rp 678 miliar itu dapat berapa ballpoint?" tutur Almas. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0