BPBD DKI Pasang Alat Peringatan Banjir di Sejumlah Wilayah, Telan Dana Rp4 Miliar :: Nusantaratv.com

BPBD DKI Pasang Alat Peringatan Banjir di Sejumlah Wilayah, Telan Dana Rp4 Miliar

BPBD DKI Jakarta Telah Menambah Alat Peringatan Dini Bencana Disaster Warning System Sebanyak 6 Unit Pada 2020.
BPBD DKI Pasang Alat Peringatan Banjir di Sejumlah Wilayah, Telan Dana Rp4 Miliar
Alat peringatan banjir. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia, tak terkecuali Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), pada awal tahun 2020.

Dalam memberikan informasi kepada warga akan terjadinya banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kini telah menambah alat peringatan dini bencana Disaster Warning System (DWS) sebanyak 6 unit pada 2020.

Perangkat ini nantinya bakal dipasang di berbagai tempat, di antaranya Bukit Duri, Kebon Baru, Kedaung Kali Angke, Cengkareng Barat, Rawa Terate dan Marunda. Demi pengadaan alat ini, anggaran yang digelontorkan mencapai miliaran.

Kepala BPBD DKI Jakarta Moh. Insyaf menyebut dana untuk penambahan DWS diambil dari anggaran 2019. Sedangkan untuk biaya perawatan alat, dia mengungkapkan mencapai ratusan juta.

"Pemeliharaan DWS, anggaran Rp165.000.000 dan pengadaan DWS 6 set, anggaran Rp4.073.901.441," ujar Moh. Insyaf, seperti dikutip dari VIVAnews, Kamis (16/1/2020).

Dia menambahkan setiap DWS yang dipasang akan memiliki empat pengeras suara agar masyarakat dapat mendengar langsung apabila tanda peringatan telah dibunyikan petugas BPBD. 

"Fungsi alat berupa speaker jarak jauh yang berfungsi mengumumkan informasi kepada masyarakat pada daerah rawan banjir yang dibunyikan saat pintu air sungai alirannya Siaga 3 (Waspada)," tukasnya seraya menyebut BPBD DKI Jakarta rencananya juga akan menambah enam unit DWS lagi yang akan dipasang di enam kelurahan di Ibu Kota pada 2020.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0