BMKG Sudah Kasih Tahu Anies Soal Cuaca Ekstrem Jakarta :: Nusantaratv.com

BMKG Sudah Kasih Tahu Anies Soal Cuaca Ekstrem Jakarta

Hujan lebat diprediksi masih akan terjadi hingga 10 hari awal bulan Maret
BMKG Sudah Kasih Tahu Anies Soal Cuaca Ekstrem Jakarta
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Jakarta, Nusantaratv.com - Cuaca ekstrem berupa hujan lebat diramalkan akan masih terus terjadi di Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi ini berlangsung sampai 10 hari pertama bulan Maret.

Baca juga: "Kalau Bukan Anies, Gubernur Soleh, Banjir Senin Sampai Rebo" 

Keadaan ini bukan hanya terjadi di Ibu Kota, tapi juga Jabodetabek dan sebagian kawasan Pulau Jawa. 

Sebagai antisipasi, BMKG telah menyampaikan laporan peringatan cuaca ekstrem kepada pemerintah daerah,  termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Peringatan disampaikan saat pertemuan secara khusus.

"Jadi betul sudah disampaikan dalam koordinasi khusus tentang tren untuk kondisi ekstrem yang semakin meningkat dan intensitasnya semakin tinggi," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dwikorita mengungkapkan, sejumlah pemerintah daerah tak terkecuali Pemprov DKI, telah melakukan langkah antisipasi cuaca ekstrem.

"Dan upaya lanjut dari penyampaian tersebut sudah ada langkah-langkah juga. Misalnya pengendalian pompa, juga upaya untuk penghijauan, kan gencar sekali kan," tutur dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, cuaca ekstrem yang berlangsung di kawasan Jabodetabek akhir-akhir ini, kebanyakan disebabkan oleh faktor dinamika atmosfer skala lokal. 

Ada pembentukan pola konvergensi atau pertemuan massa udara serta kondisi labilitas udara yang kuat, khususnya di kawasan Jabodetabek dan Pulau Jawa bagian barat. 

"Berdasarkan hasil analisis perkembangan musim hujan dasarian II Februari 2020 dapat disampaikan bahwa 100 persen wilayah zona musim di Indonesia telah memasuki musim hujan, termasuk wilayah Jabodetabek," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0