BMKG : Cuaca Panas Akan Sampai 39 Derajat Celcius :: Nusantaratv.com

BMKG : Cuaca Panas Akan Sampai 39 Derajat Celcius

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa suhu panas dengan cuaca cerah tanpa awan akan berlangsung hingga pekan depan di Indonesia
BMKG : Cuaca Panas Akan Sampai 39 Derajat Celcius
Ilustrasi (Tribunnews)

Jakarta,  Nusantaratv. com -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa suhu panas dengan cuaca cerah tanpa awan akan berlangsung hingga pekan depan di Indonesia dan dapat menyentuh suhu 39 derajat celcius. 

Seperti diketahui, cuaca panas terik yang menyengat memang beberapa hari terakhir sedang berlangsung di Indonesia. 

"Potensi suhu panas di siang hari masih harus diwaspadai hingga sepekan ke depan," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Miming Saepudin, di Jakarta, Jumat (25/10/19).

Hingga pekan depan, suhu maksimum dapat mencapai 39 derajat Celcius. BMKG mencatat suhu tertinggi selama dua hari terakhir terjadi di wilayahSemarang yang juga mencapai 39 derajat Celcius.

Dijelaskan Miming, suhu panas ini terjadi karena posisi matahari berada di titik kulminasi tertinggi, tidak ada awan yang menutupi, dan suhu kelembapan yang rendah. 

Akibatnya, cahaya matahari langsung menuju wilayah Indonesia sehingga cuaca menjadi panas. Masyarakat diimbau untuk banyak minum air putih dan mengurangi aktivitas di bawah matahari langsung.

Cuaca panas ini diprediksi tidak akan berlangsung lama karena akan berganti menjadi musim hujan.

 Saat ini, awan hujan mulai terbentuk dan diprediksi wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, dan Kalimantan bagian selatan akan mulai memasuki musim hujan pada akhir November hingga awal Desember. Puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2020.(Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1
  • Bong Akian
    Bong Akian 2 bulan
    Bmkg ini cuaca panas yang ini dapat cuaca hujan