Belum Tindak Pelanggar PSBB, Kapolda: Masih Sosialisasi dan Edukasi :: Nusantaratv.com

Belum Tindak Pelanggar PSBB, Kapolda: Masih Sosialisasi dan Edukasi

Penindakan dilakukan apabila masyarakat tak mematuhi imbauan kepolisian
Belum Tindak Pelanggar PSBB, Kapolda: Masih Sosialisasi dan Edukasi
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat membantu memasangkan masker ke pengendara.

Jakarta, Nusantaratv.com - Di hari kedua penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta, Sabtu (11/4/2020), polisi belum melakukan penindakan bagi para pelanggar kebijakan tersebut. 

Baca juga: Biar Kapok! Polisi Tangkap Penolak Jenazah Perawat Korban Corona 

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, pihaknya masih melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pelanggar PSBB. 

"Kami masih sebatas imbauan, sosialisasi dan edukasi ke masyarakat sampai hari ke-2 penerapan PSBB di Jakarta ini. Pemberian sanksi adalah langkah terakhir jika masyarakat tidak juga mau diatur," ujar Nana saat meninjau cek poin di Pasar Jumat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (11/4/2020).

Nana menjelaskan, pihaknya masih memantau kondisi di lapangan selama satu hingga dua hari ke depan, sebelum melakukan penindakan.

Sejauh ini, kata dia, kesadaran masyarakat terhadap aturan PSBB mulai tampak dan meningkat dibanding  hari pertama. 

"Pada hari kedua PSBB ini, dari hasil pemantauan tampak kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan taat aturan PSBB sudah mulai meningkat. Meski ada satu dua yang belum juga mematuhi," tuturnya. 

Dalam penerapan PSBB, menurut Nana pihaknya lebih mengedepankan imbauan dan upaya preventif. 

"Penegakan hukum atau penindakan adalah langkah terakhir bagi kami. Ke depan Kami akan terus melakukan patroli skala besar bersama TNI dan aparat pemda untuk mencegah kerumunan massa di seluruh wilayah Jakarta," papar dia. 

Adapun guna mendukung pemberlakuan PSBB, 33 cek poin didirikan untuk memantau kepatuhan dan ketaatan warga terhadap kebijakan tersebut. 

"Totalnya ada 33 cek poin. Rinciannya, 11 cek poin di perbatasan Jakarta dengan wilayah Jawa Barat dan Banten, lalu 13 cek poin di terminal dan stasiun, empat cek poin di dalam kota diantaranya di Bunderan HI, dan lima cek poin di pintu gerbang tol," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0