Anies Tantang Debat Penyebab Banjir, Basuki: Saya Tak Dididik untuk Debat :: Nusantaratv.com

Anies Tantang Debat Penyebab Banjir, Basuki: Saya Tak Dididik untuk Debat

Basuki menilai normalisasi maupun naturalisasi hanya istilah
Anies Tantang Debat Penyebab Banjir, Basuki: Saya Tak Dididik untuk Debat
Basuki (tengah) dan Anies (kanan). (Detik.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap berdebat mengenai penyebab banjir di wilayahnya. Pernyataan ini disampaikan setelah adanya perbedaan pendapat antara Anies dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, terkait penyebab bencana itu.

Baca juga: Antisipasi Hujan Lebat Lagi, Basuki Cari Tahu Penyebab Banjir

Basuki yang ditanya wartawan mengenai sikap Anies, mengaku menolak berdebat. Alasannya, ia diajarkan untuk tak berdebat. 

"Saya tidak mau debat. Saya tidak dididik untuk debat," ujar Basuki di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2020).

Basuki sebelumnya menyebut penyebab banjir karena normalisasi Sungai Ciliwung belum selesai. Tapi Anies mengatakan normalisasi tak efektif apabila tak ada pengendalian air dari hulu. 

Normalisasi terhambat setelah Anies melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak kunjung membebaskan lahan. Sementara pembangunan bendungan di hulu, merupakan proyek pemerintah pusat yang dikerjakan Kementerian PUPR, yang ditargetkan selesai akhir 2020. 

Basuki menilai, naturalisasi ataupun normalisasi hanyalah istilah. Intinya, sungai harus dilebarkan sehingga volume air yang mengalir dari hulu tak meluber melewati batas tanggul sungai.

"Mau naturalisasi mau normalisasi sama semua. Sungai tetap butuh dilebarkan (supaya tidak banjir lagi)," kata dia. 

"Pelebaran sungai supaya penampung air lebih banyak," imbuhnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
1