Anies Sudah Bayar Rp 360 M ke FIA, Formula E Gak Bakal Batal :: Nusantaratv.com

Anies Sudah Bayar Rp 360 M ke FIA, Formula E Gak Bakal Batal

Formula E bakal digelar di tempat lain jika di Monas tak boleh
Anies Sudah Bayar Rp 360 M ke FIA, Formula E Gak Bakal Batal
Mobil Formula E. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - DPRD DKI Jakarta optimis ajang balap mobil Formula E bakal tetap digelar kendati kawasan Monumen Nasional (Monas) yang direncanakan menjadi trek balap, ditentang Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Sebab, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyetorkan uang Rp 360 miliar untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Uang sebanyak itu sebagai commitment fee, sementara biaya penyelenggaraan sendiri Rp 934 miliar. 

Baca juga: Demi Citra 'Gubernur Santun', Anies Dianggap Biarkan Ketidakberesan Kerja Bawahan 

Menurut Sekretaris Komisi B DPRD DKI Pandapotan Sinaga, setoran uang itu sudah diterima oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), selaku pengelola Formula E.  

"Prinsipnya Formula E enggak bisa dibatalkan karena kita sudah kasih plan A plan B yang sudah disetor ke organisasinya itu (FIA)," ujar Pandapotan, Kamis (6/2/2020).

Mengenai pelarangan penggunaan Monas sebagai sirkuit, pihaknya bakal memanggil PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara Formula E. Dirinya mau mendapatkan informasi perihal rencana perubahan jalur balapan nantinya.

"Nanti kita panggil Jakpronya. Kita akan tanyakan kelanjutanya gimana, kalau tidak dilaksanakan (di Monas) mau dimana dilakukan," tutur Pandapotan.

DPRD juga mau memastikan apakah rencana awal Jakpro menjadikan Monas sebagai sirkuit melanggar peraturan atau tidak. Jakpro kata dia sudah pernah menyatakan Monas sebagai cagar budaya, sehingga takkan dirusak saat menjadi lintasan balap.

"Tapi (kata Jakpro) enggak diganggu cagar budaya, di sekitaran Monas yang di aspal itu," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Kementerian Sekretariat Negara melarang penggunaan Monas sebagai jalur balap Formula E. Sebab kawasan itu merupakan cagar budaya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0