Anies Sebut Jakarta Pusat Penyebaran Corona di Indonesia :: Nusantaratv.com

Anies Sebut Jakarta Pusat Penyebaran Corona di Indonesia

Dari 172 orang yang terjangkit corona di Indonesia, 122 di Jakarta
Anies Sebut Jakarta Pusat Penyebaran Corona di Indonesia
Anies Baswedan. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Ibu Kota menjadi epicenter atau pusat penyebaran corona di Indonesia. Sebab, dari 172 orang yang terjangkit corona, 122 di antaranya berada di Jakarta.

Baca juga: Tito ke Anies: Lockdown Kewenangan Pusat 

"Jakarta sekarang berbeda dengan beberapa waktu lalu. Dahulu kalau kita mendengar kabar mengenai Covid-19, maka kita melihatnya di tempat lain. Hari ini Jakarta adalah epicenter," ujar Anies dalam wawancara di Kabar Petang tvOne.

Lonjakan orang yang mengidap corona di DKI juga signifikan. Terdapat 120 kasus baru covid-19 di DKI pasca Presiden Joko Widodo mengumumkan pertama kali kasus corona di Indonesia, Senin (2/3/2020) lalu.

"15 hari lalu kita hanya punya dua kasus. Dalam 15 hari, melonjak sangat signifikan," ucap Anies. 

Anies berharap langkah pencegahan melalui social distancing atau menjaga jarak antar warga, benar-benar dijalankan. Sehingga penularan corona bisa dihambat, hingga corona di Jakarta terkendali.

"Saat ini, porsi terbesar dari yang dikonfirmasi positif ada di ibu kota. Dari 172 yang hari ini diumumkan, 122 kasus adalah di Jakarta," tandas Anies.

Juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto, sebelumnya menjelaskan alasan mengapa Jakarta menjadi wilayah paling banyak pasien positif corona.

"Dari 172 kasus ini memang yang terbanyak itu di DKI. Kita memaklumi bahwa pintu gerbang masuk negara di DKI cukup besar, mobilitas penduduknya sangat tinggi dan kemungkinan terjadi kontak kasus positif yang kita dapatkan cukup besar," ujar Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (17/3/2020).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0