Anies Ganti Nama Pulau Reklamasi jadi Pantai, LBH: Itu Pembodohan Masyarakat :: Nusantaratv.com

Anies Ganti Nama Pulau Reklamasi jadi Pantai, LBH: Itu Pembodohan Masyarakat

Perubahan nama pulau reklamasi menjadi pantai dinilai sebagai pembodohan masyarakat
Anies Ganti Nama Pulau Reklamasi jadi Pantai, LBH: Itu Pembodohan Masyarakat
Pulau reklamasi

Jakarta, Nusantaratv.com -Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta mengkritik langkah Anies yang memilih mengganti nama pulau reklamasi menjadi Pantai Kita, Pantai Maju dan Pantai Bersama. Anies dinilai seakan hendak membodohi masyarakat melalui perubahan nama pulau itu. 

Sebelumnya, ketiga pulau tersebut dinamai Pulau C, Pulau D, dan Pulau G. Penamaan ini diundangkan dalam Keputusan Gubernur Nomor 1744 Tahun 2018. 

"Mohon maaf itu saya kira hanya pembodohan. Pemerintah seolah-olah membodohi masyarakat mengubah reklamasi menjadi nama pantai," ujar perwakilan LBH Jakarta, Ayu Eza di kantornya, Jakarta, Jumat (21/6/2019). 

Anies mengeluarkan IMB untuk 932 bangunan yang ada di Pulau C dan D hasil reklamasi. IMB dikeluarkan mengacu Pergub nomor 206 tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah no 30 tahun 2005 Pasal 18 ayat 3. Pergub tersebut diterbitkan oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Peraturan itu disebut memungkinkan pemerintah daerah mengatur zonasi sementara sebelum memiliki Raperada Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Raperda itu hingga kini masih digodok di DKI dan rencananya akan diserahkan ke DPRD DKI.

Anies juga menyinggung perubahan istilah dalam menyebut daratan hasil reklamasi. Ia lebih memilih daratan hasil reklamasi di pesisir utara Jakarta sebagai pantai, ketimbang pulau. 

"Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau," jelas Anies. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0