Wapres Maruf Amin: Bukan Dikeluarkan, Tapi Mereka Sendiri Melepas Kewarganegaraan :: Nusantaratv.com

Wapres Maruf Amin: Bukan Dikeluarkan, Tapi Mereka Sendiri Melepas Kewarganegaraan

Pemerintah Menolak Kepulangan 689 WNI Mantan Anggota ISIS untuk Kembali ke Tanah Air
Wapres Maruf Amin: Bukan Dikeluarkan, Tapi Mereka Sendiri Melepas Kewarganegaraan
Wapres Ma'ruf Amin/ AP

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjelaskan alasan utama pemerintah enggan untuk memulangkan 689 warganya yang merupakan mantan anggota ISIS.

Ditemui di Kantor Staf Wakil Presiden, Jakarta, Wapres Ma'ruf Amin menjelaskan bhawa keputusan pemerintah untuk tidak memulangkan 689 WNI dikarenakan untuk menjaga keselamatan masyarakt dari paparan paham radikal ISIS.

"Mengawal yang sudah ada di sini saja sesuatu yang tak mudah. Melakukan deredikalisasi yang sudah terpapat saja itu bukan sesuatu yang mudah. Jadi yang lebih aman dan maslahat kalau kita tak memulangkan mereka," ujar Wapres Ma'ruf Amin pada Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: Bamsoet Dukung Keputusan Pemerintah Soal Pembatalan Pemulangan WNI Eks ISIS

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin menyebutkan bawha para mantan anggota ISIS tersebut telah mengambil sikap sebelumnya untuk melepas kewarganegaraan mereka sendiri. Sikap itu salah satunya ditunjukan dari sebuah langkah untuk memilih tergabung sebagai anggota ISIS.

"Sebenarnya sudah dalam ketentuan peraturan UU kita itu mereka itu tidak dikeluarkan dari kewarganegaraan, tapi mereka sudah membuat dirinya sendiri lepas dari kewarganegaraan," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Atas dasar hal tersebut lah, pemerintah menganggap para mantan anggota ISIS itu sudah tidak lagi memiliki status kewarganegaraan Indonesia dan pemerintah dengan jelas memutuskan untuk tidak memulangkannya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0