UU KPK Digugat Agus Rahardjo, Mahfud Md: Bagus :: Nusantaratv.com

UU KPK Digugat Agus Rahardjo, Mahfud Md: Bagus

Upaya tersebut dinilai sesuai konstitusi
UU KPK Digugat Agus Rahardjo, Mahfud Md: Bagus
Menko Polhukam Mahfud Md (tengah).

Jakarta, Nusantaratv.com - Tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Agus Rahardjo, Laode M Syarif, dan Saut Situmorang, menggugat Undang-Undang KPK hasil revisi ke Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (21/11/2019). 

Baca juga: Hizbullah Imbau Masyarakat Sikapi UU KPK Secara Damai 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mendukung upaya tersebut. 

"Bagus, bagus, bagus. Biar nanti diuji di sana," ujar Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Gugatan uji materi atau judicial review dilakukan mereka sebagai pribadi, bukan atas nama lembaga. Dukungan terhadap ketiganya diberikan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi yang dimotori Indonesia Corruption Watch (ICW). 

Langkah tersebut ditempuh, karena mereka menilai UU KPK anyar berpotensi melemahkan pemberantasan korupsi. 

"Kan di situ (MK) akan bertemu perbedaan pendapat antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lain. Kemudian perbedaan dengan pemerintah, kesamaan dengan pemerintah akan ketemu di sana," jelas Mahfud.

"Nanti biar hakim MK yang memutuskan. Menurut saya bagus. Tidak ada halangan hukum dan halangan konstitusi," lanjut dia.

Adapun mengenai peraturan pengganti undang-undang untuk mencabut UU KPK, yang sebelumnya dituntut sejumlah mahasiswa dan pihak lainnya, Mahfud masih menunggu hasil uji materi di MK. Langkah ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0