Ungkap Kasus Novel, Polri Diminta Lebih Terbuka :: Nusantaratv.com

Ungkap Kasus Novel, Polri Diminta Lebih Terbuka

Menurut IPW, sikap transparan dalam penanganan kasus itu justru menguntungkan Polri
Ungkap Kasus Novel, Polri Diminta Lebih Terbuka
Novel Baswedan. (Kompas.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Polisi telah mengamankan pelaku penyerangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Namun, hingga kini belum terungkap motif dua anggota Polri berinisial RM dan RB menyerang Novel. Polisi juga tak membeberkan identitas pelaku lebih rinci seperti asal kesatuan, serta pangkatnya. 

Baca juga: Penyerang Novel 2 Polri, Ini Identitasnya 

Indonesia Police Watch (IPW) meminta kepolisian lebih terbuka mengenai penanganan kasus tersebut. IPW sendiri menyebut pelaku menyerahkan diri, bukan ditangkap polisi. 

Keterangan ini berbeda dengan apa yang disampaikan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/12/2019) malam. 

"IPW berharap kasus Novel ini dibuka Polri dengan transparan ke publik, terutama dalam kasus menyerahkan dirinya terduga pelaku penyerangan," ujar Ketua Presidium IPW Neta S. Pane melalui keterangan tertulis, Jumat (28/12/2019). 

Menurut Neta, apabila Polri lebih terbuka dalam proses hukum kasus Novel, akan menguntungkan institusi itu sendiri. Pengungkapan kasus juga dinilai menjadi lebih cepat. 

"Dengan transparannya pengungkapan kasus ini, kasus Novel bisa segera dituntaskan, sehingga Polri tidak terus-menerus tersandera kasus Novel," tutur Neta. 

IPW sebelumnya membeberkan informasi yang tak diungkap kepolisian terkait pelaku penyerangan Novel. IPW mengungkap pelaku merupakan anggota Brimob, Kelapa Dua, Depok. Penyerang Novel juga disebut berpangkat brigadir, dan motifnya dendam pribadi. Informasi ini diklaim valid, berasal dari sumber terpercaya.

Polisi sendiri meminta publik bersabar, karena kasus ini masih dalam pendalaman. 

"Setelah kita lakukan pemeriksaan baru nanti kita sampaikan," ujar Argo. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0