Setahun Tak Ada Penagihan Pakai Debt Collector, Jokowi Perintah Polri Awasi :: Nusantaratv.com

Setahun Tak Ada Penagihan Pakai Debt Collector, Jokowi Perintah Polri Awasi

Jokowi meminta pihak bank dan leasing tak menagih cicilan kendaraan ojek dan taksi
Setahun Tak Ada Penagihan Pakai Debt Collector, Jokowi Perintah Polri Awasi
Presiden Jokowi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bank dan perusahaan pembiayaan (leasing) tak melakukan penagihan angsuran kendaraan bermotor selama kondisi darurat virus corona. Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan pengemudi ojek seperti ojek online (ojol), sopir taksi dan para nelayan yang memiliki cicilan perahu, selama satu tahun.

Baca juga: Lega! Jokowi Longgarkan Cicilan Kendaraan Ojek dan Sopir Setahun 

"Oleh karena itu kepada tukang ojek dan sopir taksi yang sedang kredit kendaraan bermotor dan kredit mobil, nelayan yang sedang kredit perahu tidak perlu khawatir, pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran satu tahun," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Jokowi meminta bank maupun pihak leasing tak menggunakan jasa debt collector. Agar hal ini berjalan, Jokowi memerintahkan Polri melakukan pengawasan.

"Dan pihak perbankan dan industri keuangan non bank dilarang mengejar-ngejar angsuran. Apalagi menggunakan jasa penagihan atau debt collector. Itu dilarang dan saya minta kepolisian mencatat hal ini," jelasnya.

Di samping itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun telah memberikan relaksasi kredit terhadap UMKM. Untuk kredit di bawah Rp 10 miliar yang digunakan untuk usaha, dibebaskan pembayaran cicilan dan bunga juga selama setahun.

"OJK akan memberikan relaksasi kredit UMKM untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar untuk tujuan usaha. Baik kredit yang diberikan perbankan maupun industri keuangan non bank. Asalkan digunakan untuk usaha akan diberikan pengurangan bunga dan penundaan cicilan sampai satu tahun," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0