Mahfud Md Usul Polsek Tak Selidiki dan Sidik Kasus :: Nusantaratv.com

Mahfud Md Usul Polsek Tak Selidiki dan Sidik Kasus

Polsek nantinya hanya akan menjaga keamanan dan mengayomi masyarakat
Mahfud Md Usul Polsek Tak Selidiki dan Sidik Kasus
Menko Polhukam Mahfud Md (tengah).

Jakarta, Nusantaratv.com - Menko Polhukam sekaligus Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud Md mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar polsek tak lagi melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap suatu kasus.

Baca juga: Pihak Gereja di Tanjung Balai Karimun Malah Diproses Hukum, Ini Dalih Polri

Polsek, kata dia hanya perlu menjalankan fungsi keamanan serta pengayoman kepada masyarakat.

"Polsek itu kalau bisa tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi dia bangun tertib dan nyaman, pengayoman ke masyarakat. Soal kasus pidana itu ke polres kota dan kabupaten," ujar Mahfud usai audiensi Kompolnas dengan Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Mahfud mengungkapkan, selama ini ada target kuantitas yang diberikan kepada polsek-polsek dalam menangani kasus. Sehingga demi mengejar target tersebut, segala persoalan termasuk yang seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan, diproses hukum.

"Karena ini polsek kan sering kali pakai sistem target. Kalau enggak pakai pidana, dianggap tidak bekerja. Lalu yang kecil-kecil yang harusnya diselesaikan dengan restorative justice, perdamaian, kekeluargaan, seharusnya yang itu ditonjolkan. Jadi polsek tidak cari-cari perkara," jelas Mahfud.

Selain itu, kejaksaan dan pengadilan sebagai lembaga yang memproses hukum suatu kasus dari kepolisian, hanya ada di tingkat kota/kabupaten. Meski begitu, Mahfud menegaskan usulan ini masih dikaji lebih dalam dampaknya.

"Karena kejaksaan dan pengadilan juga hanya ada di tingkat kabupaten/kota yang terbawah, kenapa kok polsek ikut-ikutan. Meski begitu, ini akan masih diolah lebih lanjut," tandas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0