LPSK Siap Lindungi Saksi Sidang MK :: Nusantaratv.com

LPSK Siap Lindungi Saksi Sidang MK

LPSK siap lindungi saksi sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi
LPSK Siap Lindungi Saksi Sidang MK
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menyampaikan keterangan kepada wartawan

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pihaknya siap melindungi saksi persidangan sengketa Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Hal ini dilakukan apabila saksi merasa terancam.

"Kami pada prinsipnya siap saja mendapatkan perintah dari MK kalau ada saksi yang diancam atau berpotensi mendapatkan ancaman, atas kesaksiannya dalam sengketa Pilpres ini," kata Hasto Atmojo Suroyo di kantornya, Jumat, (14/6/2019).

Hasto mengaku, selama ini LPSK telah menjalin kerjasama dengan Mahkamah Kontitusi (MK). LPSK sendiri tengah menanti hasil koordinasi dengan MK terkait sidang sengketa Pilpres.

"Selanjutnya kami akan menunggu reaksi atau respon MK, setelah tadi dari pihak pemohon mengampaikan perlunya perlindungan dengan LPSK," jelasnya.

Selama ini, kata Hasto LPSK bekerja melindungi saksi atau korban dalam kasus pidana umum. Sementara sengketa Pilpres, bukan termasuk pidana umum. Kendati begitu LPSK siap apabila diminta melindungi saksi sengketa Pilpres.

"Bukan hanya pada pihak pemohon saja, pihak termohon juga bisa menyampaikan perlindungan saksi ke LPSK, termohon kan KPU," tandas Hasto. 

Sebelumnya, Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, meminta MK menjamin keamanan semua saksi yang dihadirkan di persidangan. Hal itu disampaikan kala sidang perdana gugatan sengketa Pilpres di gedung MK, Jumat, (14/6/2019).

"Jadi kami meminta kepada MK agar memperhatikan yang disebut dengan perlindungan saksi. Bisa enggak dijamin keselamatannya? Itu jadi konsen kami," ujarnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0