Lindungi Perempuan dan Anak, Polisi Luncurkan Help Renakta :: Nusantaratv.com

Lindungi Perempuan dan Anak, Polisi Luncurkan Help Renakta

Dengan aplikasi ini, perempuan dan anak bisa memperoleh bantuan saat darurat
Lindungi Perempuan dan Anak, Polisi Luncurkan Help Renakta
Peluncuran aplikasi Help Renakta.

Jakarta, Nusantaratv.com - Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat untuk perempuan dan anak-anak. Aplikasi bernama 'Help Renakta' itu dapat diunduh melalui ponsel pintar atau smartphone. 

Baca juga: Dengan Platform Ini, Kemendikbud Mau Pengembangan Budaya Optimal 

Help Renakta merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memberikan penyuluhan hukum terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

"Aplikasi ini nanti bagaimana kita mendekatkan anak-anak dan perempuan, yang jadi korban (kejahatan) agar bisa penyuluhan hukum," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Aplikasi Help Renakta dilengkapi tiga fitur, pertama ialah GPS yang dapat mendeteksi keberadaan pemilik ponsel secara akurat.

Lalu, ada pula fitur tombol darurat (panic button) yang bertujuan untuk permintaan pengiriman bantuan oleh pemilik ponsel.

"Nanti petugas (polisi) terdekat langsung akan bisa mendekat ke lokasi (pemilik ponsel yang menekan tombol darurat)," jelas Gatot.

Ketiga, fitur jendela informasi yang berisi kumpulan informasi terkait bantuan hukum, anak hilang, serta panduan wajib guna penyuluhan hukum bagi korban kejahatan.

"Melalui aplikasi tersebut, masyarakat juga dapat meminta bantuan kesehatan. Mereka juga bisa mendapat layanan kesehatan selama 24 jam," tandas Gatot.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0