KPK Sebut Penyelundupan Dirut Garuda Modus Lama :: Nusantaratv.com

KPK Sebut Penyelundupan Dirut Garuda Modus Lama

Meski begitu KPK untuk sementara hanya akan melakukan supervisi terkait kasus itu
KPK Sebut Penyelundupan Dirut Garuda Modus Lama
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut modus penyelundupan barang mewah seperti yang terjadi pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia sesungguhnya cerita lama. 

Baca juga: Erick Larang BUMN Beri Souvenir Saat RUPS 

"Kalau itu menjadi modus, saya kira itu sudah menjadi cerita yang sangat umum," kata Saut usai diskusi di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

KPK, kata dia telah menemukan modus serupa pada sejumlah bandar udara serta pelabuhan. Penyelundup barang mewah biasanya hendak menghindari pajak.

"Sejak awal saya di KPK sudah mencoba masuk di Tanjung Priok, langsung membuka kontainer. Pergi ke bandara melihat sendiri mereka melakukan ada barang yang tidak cocok dengan yang disebutkan. Itu modus itu seharusnya dihentikan," tuturnya. 

Meski begitu, Saut menegaskan KPK hanya bisa melakukan supervisi atas kasus Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara. 

"Jika tiba-tiba dibalik isu transaksional mereka tidak serius menindaklanjuti, lalu ada hal-hal lain, (KPK) bisa supervisi," jelasnya. 

Dirut Garuda Ari Askhara sebelumnya dicopot dari jabatannya oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Keputusan ini menyusul Ari yang diketahui menyelundupkan suku cadang Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat A330-900 yang baru saja dibeli oleh maskapai pelat merah itu. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0