Ketua MPR Mau Kasus Jiwasraya Sasar Pihak Lain :: Nusantaratv.com

Ketua MPR Mau Kasus Jiwasraya Sasar Pihak Lain

Menurut Bamsoet kasus Jiwasraya merusak citra BUMN dan menyengsarakan rakyat
Ketua MPR Mau Kasus Jiwasraya Sasar Pihak Lain
Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang dinilai bergerak cepat dan tepat dalam menuntaskan kasus Jiwasraya. Meski begitu, Bamsoet berharap pengusutan tak berhenti pada lima tersangka yang telah ditahan. 

Baca juga: Komisi III Heran OJK Tak Bertindak di Kasus Jiwasraya 

"Pengusutan tak boleh berhenti sampai di situ. Pengembangan penyidikan harus tetap dilakukan oleh Kejaksaan Agung, karena tak menutup kemungkinan berbagai pihak dari luar Jiwasraya juga turut terlibat," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Rabu (15/1/2020). 

Menurut dia, pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kasus ini telah menyengsarakan masyarakat dan merusak citra BUMN. Sehingga proses hukum harus dilakukan. 

"Pada prinsipnya, siapapun yang terlibat tanpa pandang bulu harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya di muka hukum. Mengingat selain telah menyengsarakan rakyat pemegang polis, mereka juga telah membuat malu Indonesia lantaran memperburuk citra kinerja BUMN di mata internasional," tuturnya.

MPR mendukung Kejagung untuk tak gentar menghadapi hambatan, tekanan hingga intimidasi saat menuntaskan kasus gagal bayar polis asuransi ini. 

"Karena ada kekuatan rakyat yang jauh lebih besar mendukung Kejaksaan Agung. Buktikan kepada rakyat bahwa Kejaksaan Agung sangat bisa diandalkan dalam pemberantasan korupsi," kata dia. 

Setelah ini, Bamsoet menyarankan agar penyidik mengumpulkan berbagai alat bukti guna memperkuat berkas perkara kelima tersangka. Jangan sampai karena lemahnya alat bukti, kata dia membuat kelima tersangka lolos dari jerat hukum di proses pengadilan.

"Skandal Jiwasraya menjadi warning bagi seluruh BUMN, khususnya yang bergerak di bidang usaha asuransi, agar tak main-main dalam mengelola uang rakyat. BUMN sebagai wajah Indonesia dalam mengelola bisnis usaha, sepatutnya menjadi kebanggaan nasional di hadapan internasional. Bukan malah membuat malu bangsa lantaran ketidakbecusan tata-kelola manajemennya," tandas politikus Golkar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0