Kemendagri Bantah Laporkan Akun Twitter @hendralm :: Nusantaratv.com

Kemendagri Bantah Laporkan Akun Twitter @hendralm

Zudan Arif bantah pihaknya laporkan akun Twitter @hendralm terkait cuitan jual-beli data e-KTP dan KK
Kemendagri Bantah Laporkan Akun Twitter @hendralm
Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh (Koran Jakarta)

Jakarta, Nusantaratv.com -Akun Twitter @hendralm mencuitkan informasi mengenai indikasi kasus jual-beli data kartu keluarga (KK) dan nomor induk kependudukan (NIK). Polri menyebut Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri tengah mencari bukti-bukti untuk melaporkan pemilik akun tersebut. Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, membantah pernyataan Polri. 

"Kemendagri menyatakan tak melaporkan pemilik akun @hendralm, karena membuat viral isu jual beli data e-KTP dan KK," ujar Zudan kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Sebab, Zudan menilai bahwa akun tersebut seharusnya diberi penghargaan atas informasi yang ditemukan. "Justru, pemilik akun bisa diberi penghargaan," ucapnya. 

Sebelumnya, akun Twitter @hendralm menyampaikan informasi mengenai dugaan jual-beli data pada KK dan NIK pada 26 Juli 2019. Akun tersebut mengunggah foto yang berisi jual-beli data pribadi yang dilakukan sejumlah akun di media sosial. Dalam foto terlihat bukti-bukti percakapan jual-beli data pribadi KK dan NIK di grup Facebook bernama Dream Market Official. NIK dan KK itu diduga digunakan untuk mendaftar ke berbagai aplikasi. 

Polri melalui Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, menyatakan pihak Direktorat Jenderal Dukcapil tengah mengumpulkan bukti untuk selanjutnya melaporkan akun @hendralm ke polisi. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0