Jokowi Pidato Tak Bahas Hukum, Ini Penjelasan Istana :: Nusantaratv.com

Jokowi Pidato Tak Bahas Hukum, Ini Penjelasan Istana

Istana bantah Jokowi abai masalah hukum dan HAM
Jokowi Pidato Tak Bahas Hukum, Ini Penjelasan Istana
Jokowi ketika berpidato di Sentul, Bogor, Jawa Barat

Jakarta, Nusantaratv.com - Pidato Jokowi di Sentul, Bogor, menuai kritik lantaran tak menyinggung masalah hukum dan HAM. Direktur Eksekutif Institut for Criminal Justice Reform (ICJR) Anggara, menyayangkan pidato karena Jokowi tak menyinggung pentingnya membangun negara berdasarkan hukum dan HAM.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko angkat bicara mengenai kekecewaan tersebut. Kendati tak disampaikan, menurut dia Jokowi tak abai terhadap masalah-masalah itu. 

"Secara substansi semua persoalan sudah ada di dalamnya, tidak ada upaya niat atau abai terhadap persoalan-persoalan itu tidak, tolong cara memahaminya. Itu sebuah pidato yang sangat komprehensif, Presiden menyadarkan kita semua bahwa dunia sekarang fenomena globalnya seperti itu, maka diperlukan cara-cara yang adjustif," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019). 

Moeldoko menjelaskan, salah satu bukti pemerintah tak abai terhadap masalah hukum dan HAM yakni perhatian Joko terhadap kasus Baiq Nuril Maknun. Menurutnya, Presiden memberikan perhatiannya terhadap kasus yang dialami mantan guru honorer di SMAN 7, Mataram, NTB. 


"Tidak ada abai sama sekali, buktinya soal-soal seperti Baiq ini menjadi perhatian," ucapnya. 

Dalam pidato, kata dia, Jokowi juga menegaskan sikap pemerintah terhadap tindak pidana korupsi. Dalam pidato, Jokowi menjamin penggunaan APBN secara fokus dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan manfaat kesejahteraan serta ekonomi bagi masyarakat. 

"Jadi begini, semua tidak diartipoleskan dalam kata-kata. Presiden mengatakan semua anggaran APBN harus dapat dipastikan, itu sebuah bentuk tidak ada lagi penyimpangan-penyimpangan korupsi di situ jadi tidak harus dalam sebuah kata, jadi ini cara memahaminya saya pikir lebih luas," tandas mantan Panglima TNI. (Rizk) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0