Dipecat dari TVRI, Helmy Yahya: Pembelaan Saya Tak Main-main :: Nusantaratv.com

Dipecat dari TVRI, Helmy Yahya: Pembelaan Saya Tak Main-main

Helmy menyampaikan pembelaan tertulis dengan lampiran 1.200 halaman
Dipecat dari TVRI, Helmy Yahya: Pembelaan Saya Tak Main-main
Helmy Yahya saat konferensi pers.

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktur Utama (Dirut) Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang telah diberhentikan, Helmy Yahya, mengaku telah melakukan pembelaan atas keputusan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI itu. Bahkan pembelaan tertulisnya sampai ribuan halaman.

Baca juga: Helmy Yahya Dipecat Karena Buat Kuis Siapa Berani 

"Pembelaan saya tidak main-main. Surat penonaktifan saya dua halaman, saya jawab 27 halaman, semua catatan kata mereka saya jawab. Lampirannya 1.200 halaman," ujar Helmy dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Surat pembelaan ia sampaikan pada 18 Desember 2019 lalu.

Menurut Helmy saat membela diri, ia didukung seluruh direksi TVRI yang berjumlah enam orang.

Berdasarkan peraturan pemerintah dan undang-undang, direksi TVRI memiliki sistem kolektif kolegial. Sehingga, apa yang dikerjakan TVRI dalam hal pembenahan, baik program, karyawan maupun lainnya, merupakan hasil kesepakatan direksi.

"Mereka mendukung pembelaan saya karena catatan pemberhentian dan penonaktifan saya itu adalah catatan atas operasional, daily activity, yang kami putuskan kolektif kolegial," jelasnya.

Helmy sempat berpikir pembelaannya akan diterima. Namun kenyataannya surat dengan nomor 8/Dewas/TVRI/2020 yang dikeluarkan pada 16 Januari 2020 itu, justru memberhentikannya secara resmi.

"Saya sampaikan (pembelaan), saya kira akan diterima. Tapi ternyata saya tidak tahu ada apa di belakang ini. Kemarin saya dipanggil, saya datang jam 16.00 WIB. Saya diberikan surat dari Dewan Pengawas. Saya diberhentikan karena pembelaan saya ditolak," tuturnya.

Dalam surat, Helmy disebut dicopot lantaran tak mampu mempertanggungjawabkan pembelian hak siar Liga Inggris yang menghabiskan anggaran besar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0