Bekraf Ajak Pemda Implementasikan Rindekraf :: Nusantaratv.com

Bekraf Ajak Pemda Implementasikan Rindekraf

Bekraf kembali menggelar sosialisasi Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif di Provinsi Pekanbaru. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Pemda dari 13 Provinsi dan 18 kabupaten/kota.
Bekraf Ajak Pemda Implementasikan Rindekraf
Kepala Bekraf Triawan Munaf/ Bekraf

Pekanbaru, Nusantaratv.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar sosialisasi Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif (Rindekraf) 2018-2025 di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Acara ini dihadiri perwakilan pemerintah daerah (Pemda) dari 13 provinsi dan 178 kabupaten/kota.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyampaikan ekraf menjadi sektor keempat terbesar dalam menyerap tenaga kerja, yakni 17,69 juta atau 14,61% tenaga kerja nasional pada 2017. Hal ini karena ekraf bersifat inklusif tanpa memandang latar belakang, usia, gender, lokasi geografis, maupun pendidikan.

Baca Juga: Bekraf Sosialsasi Rindekraf ke-9 Provinsi, Berikut Isi Rindekraf

Seperti diketahui, kreativitas tidak akan pernah habis karena ekraf bersumber pada ide atau gagasan manusia. Oleh karena itu, kebijakan yang mengakselerasi industri kreatif sangat diperlukan hingga ke tingkat daerah.

"Menyadari potensi dan peran penting ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia, kami mengajak seluruh pemangku kepentingan agar berjuang bersama untuk merealisasikan Rindekraf ini," ujar Kepala Bekraf pada (15/10/2019).

Kepala Bekraf juga menjelaskan bahwa Riau memiliki potensi ekraf yang tinggi, terutama di subsektor kuliner dan film. Komunitas Film Daerah (KFD) Siak merupakan yang paling siap diantara KFD dari lima daerah yang dibentuk tahun lalu. Industri film memiliki multiplier effect yang besar, tak hanya ke sektor pariwisata tapi juga masuknya sejumlah investasi ke suatu daerah.

Sebagai informasi, saat ini Bekraf sedang menyusun Pedoman Penyusunan Roadmap/Rencana Aksi Ekonomi Kreatif di daerah. Rencana aksi tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman arah kebijakan pengembangan ekraf serta menjadi alat untuk mengukur kemajuan perkembangan di masing-masing daerah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0