WHO Peringatkan Indonesia Bisa Jadi Pusat Wabah Corona Baru Usai AS :: Nusantaratv.com

WHO Peringatkan Indonesia Bisa Jadi Pusat Wabah Corona Baru Usai AS

Hal ini bakal terjadi apabila penanganan corona di Indonesia tak serius dilakukan
WHO Peringatkan Indonesia Bisa Jadi Pusat Wabah Corona Baru Usai AS
Peta persebaran corona dunia. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Indonesia dan India disebut sebagai calon episenter atau pusat wabah virus corona baru setelah Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Hal ini dimungkinkan terjadi, apabila penanganan covid-19 di kedua negara padat penduduk itu tak serius dilakukan. 

Baca juga: Sudah 34 Provinsi, Ini Sebaran Corona di Indonesia 

Potensi pergeseran ini diungkap Regional Director WHO kawasan Asia Tenggara melalui sebuah media briefing. 

"Indonesia dan India, apabila epidemi tidak terkontrol di dua negara tersebut, maka kawasan Asia Tenggara menjadi episenter baru (Covid-19) di dunia," ujar Senior Advisor on Gender and Youth to the WHO DG, Diah Saminarsih, dalam diskusi daring 'Hari Kesehatan Dunia 2020: Aksi Nyata Masyarakat Sipil di Masa Pandemi', Kamis (9/4/2020).

Saat ini, episenter corona dunia ada di AS dan Eropa. Di AS, angka kematian bahkan bisa mencapai sebanyak 1.000 orang per hari.

"Kita tentu ingin menghindari ini terjadi di kawasan Asia Tenggara, termasuk menghindari ini terjadi di Indonesia," kata dia. 

Karenanya, sebagai negara dengan penduduk yang termasuk belakangan terpapar covid-19, Indonesia bisa belajar dari apa yang terjadi dan sudah dilakukan negara lain.

Khususnya dalam menjalankan rekomendasi kebijakan dan antisipasi kesehatan, guna mencegah Indonesia menjadi episenter baru virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0