Tahun Ini, Ditjen PAS Targetkan 48 Napiter di Nusakambangan Selesai Jalani Deradikalisasi :: Nusantaratv.com

Tahun Ini, Ditjen PAS Targetkan 48 Napiter di Nusakambangan Selesai Jalani Deradikalisasi

Bersama  lapas, BNPT dan Kemenag akan mengintensifkan program deradikalisasi.
Tahun Ini, Ditjen PAS Targetkan 48 Napiter di Nusakambangan Selesai Jalani Deradikalisasi
Nusakambangan (liputan6.com)

Nusakambangan, Nusantaratv.com- Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) tahun ini menargetkan 48 narapidana terorisme (napiter) yang menghuni lapas di Pulau Nusakambangan, selesai menjalani program deradikalisasi.

Dijelaskan Kepala Divisi PAS Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Tengah, Marasidin Siregar, untuk mencapai target itu, pihaknya bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)  dan Kementerian Agama.

Bersama  lapas, BNPT dan Kemenag akan mengintensifkan program deradikalisasi.

Katanya, tahun-tahun sebelumnya, sejumlah napi terorisme di Nusakambangan juga telah kembali berideologi Pancasila.

“Untuk teman-teman yang menangani narapidana terorisme, kita punya target minimal 48 orang akan kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Ya, tentu untuk mencapai itu, teman-teman di sini akan bekerja sama dengan stakeholder lainnya, Kementarian Agama akan melakukan konseling, kepada saudara-saudara kita yang ideologinya berbeda dengan kita,” kata Marasudin Siregar, usai Serahterima tujuh Kalapas dan Kepala Rubasan Nusakambangan, Senin (13/1/2020) seperti dikutip dari KBR.
 
Dia menjelaskan, program deradikalisasi itu merupakan bagian dari fungsi lapas sebagai lembaga pembinaan dan pemasyarakatan.

Salah satu tugasnya adalah mengembalikan napi terorisme yang memiliki ideologi berbeda. Beberapa napi tersebut saat ini telah kembali ke keluarga dan masyarakat.

Napi terorisme ini juga katanya,  terbagi menjadi beberapa kategori, yakni napi risiko tinggi, menengah dan minimum.

Napi terorisme risiko tinggi ditempatkan di lapas khusus napi risiko tinggi, Lapas Pasir Putih.

Adapun yang berisiko sangat tinggi ditempatkan di Lapas yang baru diresmikan, yakni Lapas Karanganyar. Napi risiko tinggi dan sangat tinggi ditempatkan satu orang di satu sel atau sel isolasi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0