Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Prestasi Indonesia :: Nusantaratv.com

Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Prestasi Indonesia

Sumpah Pemuda Jadi Momentum Historis Untuk Mempersatukan Bangsa Indonesia
Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Prestasi Indonesia
Konferensi pers peringatan hari sumpah pemuda ke-90 2018/Foto: Arf

Jakarta, Nusantaratv.com - Sukses Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu, menjadi sebuah momentum untuk menggelorakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 yang jatuh pada 28 Oktober mendatang.

Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, pemuda adalah penentu kemajuan bangsa. Hal itu terbukti pada Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu dimana atlet-atlet muda Indonesia berhasil mengukir kenangan manis dengan tercapainya target, bahkan mengukir sejarah tersendiri.

Namun, Ni'am juga menyampaikan, saat ini Indonesia sedang menghadapi masalah nasional yakni bahaya laten perpecahan dan disintegrasi hanya karena perbedaan pendapat, keyakinan, bahkan pandangan politisi.

Disisi lain, Indonesia tengah diuji dengan musibah bencana yang sendang terjadi di Lombok Nusa Tenggara Barat dan Palu Sulawesi Tengah. Karena itulah pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 pada November mendatang, Kemenpora akan menggelar event bertajuk "Bangun Pemuda Satukan Indonesia".

"Sumpah Pemuda adalah momentum historis untuk mempersatukan semua elemen bangsa untuk menghadapi semua tantangan bersama. Dengan adanya event (Bangun Pemuda) diharapkan bisa meneguhkan persatuan seluruh elemen bangsa untuk menghadapi segala permasalahan yang kita hadapi saat ini melalui aksi konkret untuk Indonesia," kata Ni'am di Media Center Kemenpora, Rabu (24/10/2018).

Ni'am menjelaskan acara peringatan HSP ke-90 nanti juga didukung oleh beberapa event seperti, ikrar Sumpah Pemuda yang rencananya dipimpin oleh Presiden Joko Widodo bersama 28 ribu pemuda di Gelanggang Olahraga Velodrom, Rawamangun, Jakarta Timur.

Acara tersebut dikemas dalam Youth Expo and Festival pada tanggal 28 Oktober 2018. Pengucapan ikrar Sumpah Pemuda ini dilakukan tepat pukul 17.30 WIB, sepeti jam pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928 lalu.

"Adapun sejumlah acara menarik yang akan turut memeriahkan event Youth Expo and Festival antara lain, talkshow dan exhibition, karnaval, pameran, kewirausahaan, pemuda, komunitas dan hiburan," jelasnya.

Sebagai penutupan dari rangkaian peringatan HSP ke-90, lanjut Ni'am, tepatnya pada tanggal 29 Oktober di malam anugrah kepemudaan 2018 akan digelar di Balai Samudera TNI AL, Jakarta.

"Kami berharap semua event itu bisa menimbulkan kebanggaan para pemuda dengan melihat kembali semangat pemuda di tahun 1928. Dan di event ini, seluruh bangsa Indonesia akan melihat bahwa kita bisa berbangga memiliki ribuan pemuda yang akan memberikan masa depan cerah bagi Indonesia," tutupnya. (Arf)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0