Soal Karhutla, Kepala BNPB: Butuh Pembentukan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Satu Komando :: Nusantaratv.com

Soal Karhutla, Kepala BNPB: Butuh Pembentukan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Satu Komando

Pencegahan Adalah Langkah Terbaik Dalam Penanganan Karhutla.
Soal Karhutla, Kepala BNPB: Butuh Pembentukan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Satu Komando
Kepala BNPB Doni Monardo. (Dok. Humas BNPB)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala BNPB Doni Monardo menghadiri Rapat Kordinasi Gabungan Tingkat Kementerian/Lembaga Tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Rapat bertujuan menyusun program pencegahan terjadinya Karhutla pada 2020. Rapat dipimpin Menko Polhukam (Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan), dan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Panglima TNI, Kapolri dan intansi terkait lainnya, serta Pemerintah daerah yang daerahnya mengalami bencana Karhutla.

Baca Juga: Pencemaran Memprihatinkan, Kepala BNPB Ajak Praja IPDN Jaga Lingkungan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan, pencegahan adalah langkah terbaik dalam penanganan Karhutla. Doni mengungkapkan Satgas Karhutla telah melakukan pemadaman baik melalui waterbombing ataupun petugas darat, namun api tidak kunjung padam.

Karhutla hanya bisa dipadamkan total dengan adanya hujan, oleh karena itu perlu mengubah perilaku masyarakat agar tidak membakar lahan dengan melakukan penyuluhan terpadu dan terintegrasi terkait pemahaman dan peningkatan kapasitas dalam mengelola hutan dan lahan.

Serta mengembangkan potensi ekonomi dengan cara mengolah hasil produksi hutan dan lahan menjadi bernilai ekonomis yang lebih tinggi - ujar Doni, dilansir laman BNPB, Jumat (6/12/2019).

Selain itu juga perlu pembentukan Satgas pencegahan dan penanggulangan satu komando yang berisikan pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat dan swasta - tambah Doni.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0