Selesaikan Krisis Kemanusiaan di Rakhine State, Menlu Retno Sampaikan Dua Usulan Konkrit :: Nusantaratv.com

Selesaikan Krisis Kemanusiaan di Rakhine State, Menlu Retno Sampaikan Dua Usulan Konkrit

Menlu Retno Marsudi menyampaikan dua usulan konkrit yang dapat mendorong penyelesaian krisis kemanusian di Rakhine State, Myanmar.
Selesaikan Krisis Kemanusiaan di Rakhine State, Menlu Retno Sampaikan Dua Usulan Konkrit
Menlu Retno menyampaikan dua usulan konkrit yang dapat mendorong penyelesaian krisis kemanusian di Rakhine State, Myanmar. (Dok. Humas Kemlu)

Jakarta, Nusantaratv.com - Situasi kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar, mengharuskan masyarakat internasional mengambil langkah darurat untuk menyelesaikannya. 

Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengawali pandangannya saat hadir pada pertemuan membahas situasi terkini di Rakhine State di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74, di New York, Amerika Serikat (AS), pada Selasa (24/9/2019). 

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno menyampaikan dua usulan konkrit yang dapat mendorong penyelesaian krisis kemanusian. Pertama, menurut Menlu Retno, mengatasi kebutuhan para pengungsi yang bersifat darurat. 

"Bagi Indonesia, bantuan kemanusiaan harus terus diberikan kepada pengungsi. Rasa aman harus segera dijamin sehingga proses repatriasi pengungsi yang aman, sukarela dan bermartabat segera dapat dilakukan," ujar Menlu Retno, dilansir laman resmi Kemlu, Rabu (25/9/2019).

Baca Juga: RCDD, Jadi Forum Pertama Diplomasi Digital yang Digagas Indonesia

Kedua, lanjut wanita asal Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 56 tahun silam itu, yakni membantu menciptakan perdamaian yang berkesinambungan melalui pembangunan ekonomi dan pemberdayaan bagi masyarakat Rakhine State. 

Lebih lanjut, dia menyebut fasilitas pendidikan dan kesehatan harus diberikan. Roda perekonomian harus segera dapat digerakkan. Hal lain yang cukup penting adalah masyarakat yang toleran dan majumuk harus terus ditumbuhkembangkan.

"Indonesia telah membangun sekolah dan rumah sakit serta pasar rakyat untuk menggerakan sektor ekonomi dan mencukupi kebutuhan kesehatan dan pendidikan masyarakat di Rakhine State," tukas Menlu Retno. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0