Prabowo Kirim Daftar Kebutuhan untuk Tangani Corona RI ke China :: Nusantaratv.com

Prabowo Kirim Daftar Kebutuhan untuk Tangani Corona RI ke China

Bantuan alkes ini masih akan terus dikirim China
Prabowo Kirim Daftar Kebutuhan untuk Tangani Corona RI ke China
Prabowo saat menerima bantuan dari China.

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku menyerahkan daftar kebutuhan alat kesehatan (alkes) untuk penanganan virus corona ke Menteri Pertahanan China. Sebagian dari alkes yang diajukan sudah tiba dari China, hari ini, Senin (23/3/2020). 

Baca juga: Masyarakat Masih Tak Patuhi Social Distancing, Jokowi Bisa Pakai Cara Ini.. 

"Saya sendiri sudah dapat komunikasi dari Menteri Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok. Beliau menanyakan kebutuhan kita apa. Saya sudah kirim daftar, enggak tahu berapa yang akan dipenuhi," ujar Prabowo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020). 

Prabowo menjelaskan, bantuan yang diberikan China merupakan kerja sama internasional antara pemerintah Indonesia dan China. 

Mengingat, China merupakan pusat pandemi corona yang telah memiliki pengalaman dalam menangani wabah tersebut. 

Karenanya Prabowo menyambut uluran tangan pemerintah China kepada Indonesia. 

"Mereka punya pengalaman, mereka sudah hadapi yang dahsyat di awal pengalaman itu. Mereka sudah atasi, sekarang mereka membagi bantuan ke banyak negara, mereka tawarkan kepada kita, ya kita sambut dengan baik," tuturnya. 

Prabowo menuturkan, Indonesia saat ini membutuhkan alkes untuk disalurkan ke beberapa rumah sakit. Alat medis tersebut utamanya alat pelindung diri (APD), alat rapid test, hingga ventilator.

Total 12 ton alkes telah dikirim China ke Indonesia, Senin (23/3/2020).

Pemerintah China, menurut Prabowo masih akan terus mengirim bantuan lain untuk penanganan wabah corona. Guna menjemput bantuan itu, pesawat dengan kapasitas yang lebih besar akan dikirim ke Negeri Tirai Bambu untuk. 

"Di hari yang akan datang terus lebih banyak lagi, dan mungkin pesawat yang akan kita kirim dengan yang lebih besar, kita sangat serius menghadapi ini dan insyallah kita bisa atasi ini," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0