Pemerintah: Tak Ada Alasan Masyarakat Takut dan Tolak Jenazah Pasien Corona :: Nusantaratv.com

Pemerintah: Tak Ada Alasan Masyarakat Takut dan Tolak Jenazah Pasien Corona

Sebab penanganan jenazah sudah sesuai standar yang kesehatan yang ketat
Pemerintah: Tak Ada Alasan Masyarakat Takut dan Tolak Jenazah Pasien Corona
Pemakaman standar penanganan covid-19. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah meminta masyarakat tak menolak pemakaman jenazah pasien virus corona. Sebab, sesungguhnya tak ada lagi alasan untuk menolak jasad yang telah terbujur kaku itu. 

Baca juga: Nasib PSBB Bogor, Depok, Bekasi Ditentukan Hari Ini 

Hal ini disampaikan menanggapi penolakan pemakaman jenazah perawat di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

"Kami berharap tidak ada lagi alasan oleh masyarakat untuk takut, bahkan menolak tentang hal ini. Kami berupaya melindungi semuanya dengan sungguh-sungguh. Kementerian Agama dan fatwa MUI pun telah mendukung bersama-sama untuk penatalaksanaan jenazah ini sebaik-baiknya," ujar juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Yurianto, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa tata cara pemakaman jenazah korban corona. Pemakaman dilakukan juga sesuai protokol kesehatan.

"Protokol tentang penguburan jenazah telah dibuat sesuai edaran Kementerian Agama dan aturan fatwa MUI nomor 8 tahun 2020," kata dia. 

Pemulasaraan atau pengurusan jenazah pasien covid-19 selama ini telah sesuai aturan medis yang ketat dan dilakukan oleh pihak-pihak yang terlatih.

Yurianto berpesan kepada masyarakat untuk memberikan penghormatan yang layak bagi orang-orang yang meninggal akibat virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu. Ia juga mengajak seluruh masyarakat bergotong royong dalam menghadapi pandemi ini. 

"Mereka adalah saudara kita yang harus gugur dalam melaksanakan tugasnya. Mereka adalah keluarga kita yang karena penyakt ini telah menjadi korban dan harus meninggal. Oleh karena itu mari kita hormati mereka," papar dia. 

"Tidak ada alasan untuk kita menolak. Tidak ada alasan kita untuk takut terkait hal ini. Mari bersama-sama kita bergotong royong bersama lapisan masyarakat untuk menangani masalah COVID-19 ini," sambungnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0