Pemerintah: Masa Inkubasi Pasien Corona RI 5-6 Hari :: Nusantaratv.com

Pemerintah: Masa Inkubasi Pasien Corona RI 5-6 Hari

Masa inkubasi orang yang tertular corona normalnya 14 hari
Pemerintah: Masa Inkubasi Pasien Corona RI 5-6 Hari
Achmad Yurianto.

Jakarta, Nusantaratv.com - Juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto, mengungkapkan masa inkubasi penularan virus corona di Indonesia cenderung sebelum 14 hari, yaitu sejak 5-6 hari. Kesimpulan ini diambil berdasarkan pengalaman kasus-kasus yang telah terjadi.

Baca juga: Mulai Senin TVRI Siarkan Program Belajar dari Rumah 

Masa inkubasi sendiri, ialah waktu dari mulai seseorang tertular covid-19 sampai akhirnya timbul gejala atau tanda-tanda.

"Beberapa hari lalu kita lakukan evaluasi terkait penambahan jumlah kasus baru, ada satu hal yang harus kita pahami bahwa covid-19 ini punya masa inkubasi paling lama secara ilmiah 14 hari. Namun data yang kita miliki, bahwa rata-rata inkubasi yang terjadi di negara kita adalah pada kisaran antara 5-6 hari," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Karena itu, sambung Yurianto, kasus positif pada hari ini adalah kasus yang terinfeksi pada 5-6 hari sebelumnya.

"Gambaran penambahan kasus hari demi hari itu adalah merepresentasikan apa yang terjadi di 5-6 hari yang lalu," jelas dia.

Hingga Jumat pukul 12.00 WIB, total 3.512 orang tertular corona di Indonesia. Dari jumlah itu 306 orang di antaranya telah meninggal, sementara 282 pasien dinyatakan sembuh.

Menurut Yurianto, masih terjadinya penularan corona di masyarakat sampai saat ini, tidak terlepas dari tak berjalannya physical distancing yang dianjurkan pemerintah. Karenanya, guna mengefektifkan imbauan itu, ditetapkanlah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemerintah berharap dengan adanya aturan yang jelas dan sanksi yang tegas, upaya memutus mata rantai penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini bisa berjalan optimal.

"Hakikat PSBB sebenarnya adalah untuk menegaskan kembali pembatasan-pembatasan tentang aktivitas sosial orang ke orang yang sangat memungkinkan terjadinya penularan kasus ini, dari yang positif covid-19 kepada orang lain yang rentan. Oleh karena itu, mari kita patuhi tentang ketentuan physical distancing," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0