Pemerintah Klaim Wabah Corona Mulai Terkendali :: Nusantaratv.com

Pemerintah Klaim Wabah Corona Mulai Terkendali

Jika konsisten dan komitmen, Yurianto memprediksi Agustus masyarakat mulai hidup normal
Pemerintah Klaim Wabah Corona Mulai Terkendali
Achmad Yurianto. (NTV)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah mengklaim penyebaran virus corona sudah mulai bisa dikendalikan. Apabila konsisten dengan cara-cara yang dipakai dalam penanggulangan covid-19 saat ini, pemerintah yakin bulan Juli keadaan akan semakin membaik. 

Baca juga: Jadi 39 Pedagang yang Tertular Corona, Pasar Raya Padang Ditutup Lagi 

"Kasus ini sudah mulai bisa kita kendalikan dan kehidupan kita sudah mulai menjadi lebih baik lagi," ujar juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto, Selasa (5/5/2020). 

Menurut Yurianto, kunci mengendalikan corona ialah komitmen masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan pembatasan sosial. Apabila masyarakat patuh dan disiplin, maka covid-19 akan lebih cepat dikendalikan.

Pengendalian covid-19 pun tidak bisa hanya dilakukan oleh sebagian atau sekelompok orang saja.

"Kita bersama-sama harus bisa menjalankan ini, kalau kita menginginkan pada bulan Juni pada bulan Juli kasus ini bisa kita dikendalikan," tuturnya.

Apabila Juli covid-19 benar-benar bisa dikendalikan, Yurianto ingin masyarakat terbiasa hidup disiplin pada bulan Agustus, khususnya dalam menjaga kesehatan.

"Dalam artian, bahwa kita sudah memiliki kehidupan yang berdisiplin. Disiplin untuk mencuci tangan, misalnya, disiplin untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat," jelas dia.

Diketahui, ada 12.071 orang yang tertular corona di Indonesia hingga Selasa pukul 12.00 WIB. Dari jumlah tersebut, 2.197 di antaranya dinyatakan pulih dan 872 meninggal dunia. 

Guna mengatasi pandemi covid-19, pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di puluhan daerah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melarang masyarakat mudik. 

Pemerintah pun meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah corona, seperti mengenakan masker saat keluar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun, menerapkan social distancing seperti beraktivitas dari rumah dan lain sebagainya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0