Pemerintah Buka Kemungkinan Terima Bantuan Internasional :: Nusantaratv.com

Pemerintah Buka Kemungkinan Terima Bantuan Internasional

Hal dimungkinkan setelah penetapan status bencana nasional
Pemerintah Buka Kemungkinan Terima Bantuan Internasional
Achmad Yurianto.

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia membuka kemungkinan menerima bantuan internasional dalam mengatasi wabah virus corona. Hal ini bisa terjadi setelah status bencana nasional ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyikapi pandemi covid-19.

Baca juga: Yang Tertular Corona RI 4.839 Orang, 2.349 di Jakarta 

"Status ini juga memberikan pintu bagi kerja sama internasional, bagi bantuan-bantuan kemanusiaan yang tentunya kita akan mengacu pada perundang-undangan yang kita miliki," ujar juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (14/4/2020). 

Status bencana nasional juga membuat data kasus corona dikumpulkan dalam satu sistem. Data ini nantinya bisa diakses secara terbuka dan lebih transparan.

"Setelah ditetapkan bencana nasional maka seluruh integrasi data yang kita bangun dari desa, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi dan seterusnya sampai pusat ada dalam satu sistem satu kendala data, satu jaring data. Sehingga seluruhnya bisa kita lihat dan akses terbuka," papar Yurianto.

Upaya ini, menurut Yurianto sekaligus menguatkan jalinan komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sehingga kebijakan masing-masing kementerian, lembaga serta pemerintah daerah berjalan seiring. 

Karenanya kepala daerah dari gubernur, bupati sampai wali kota merupakan kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing. Agar mereka memiliki kewenangan menetapkan kebijakan di daerah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0