Pembatasan Transportasi Dilonggarkan, Ini Orang-orang yang Boleh Jadi Penumpang :: Nusantaratv.com

Pembatasan Transportasi Dilonggarkan, Ini Orang-orang yang Boleh Jadi Penumpang

Tak semua orang bisa menikmati kelonggaran transportasi ini
Pembatasan Transportasi Dilonggarkan, Ini Orang-orang yang Boleh Jadi Penumpang
Budi Karya Sumadi. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah melonggarkan pembatasan operasional moda transportasi di tengah mewabahnya virus corona mulai Kamis (7/5/2020).

Baca juga: Pemerintah Klaim Wabah Corona Mulai Terkendali 

Pelonggaran ini tidak diberikan kepada semua orang. 

"Dimungkinkan semua moda angkutan, udara, kereta api, laut dan bus untuk kembali beroperasi. Rencananya operasinya mulai besok, 7 Mei. Pesawat segala macam dengan orang khusus. Tetap tidak boleh mudik. Tujuan jelas," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI melalui konferensi video, Rabu (6/5/2020). 

Kriteria pertama, orang yang diperbolehkan memakai moda transportasi tersebut ialah orang yang bekerja pada pelayanan bidang pertahanan, keamanan, kebutuhan dasar, pendukung layanan dasar, fungsi ekonomi, percepatan penanganan covid-19.

Lalu pasien yang membutuhkan penanganan medis. Ketiga, kepentingan mendesak keluarga yang meninggal dunia. Keempat, pemulangan PMI, WNI, dan pelajar dari luar negeri dan pulang ke daerah asal.

Relaksasi transportasi ini merupakan turunan dari Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. 

Budi menjelaskan, keputusan ini diambil agar perekonomian nasional tetap jalan. 

Meski begitu, larangan mudik tetap diberlakukan. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0