Paling Tertib, Jamaah Haji Indonesia Nikmati EYAB :: Nusantaratv.com

Paling Tertib, Jamaah Haji Indonesia Nikmati EYAB

EYAB sebagai salah satu inovasi yang kami berikan dan satu keuntungan jamaah haji Indonesia mendapatkan awal inovasi EYAB ini.
Paling Tertib, Jamaah Haji Indonesia Nikmati EYAB
Jamaah haji Indonesia menikmati fasilitas EYAB. (Dok. Humas Kemenag)

Jakarta, Nusantaratv.com - Arab Saudi menilai jamaah haji Indonesia paling tertib. Hal itu membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan fasilitas pulang cepat (EYAB).

Melalui layanan EYAB, Arab Saudi menjanjikan proses yang cepat, aman dan nyaman bagi jamaah haji untuk kembali ke Tanah Air.

Muhammad Abdulrahman Albejawi, Wakil Menteri Haji Urusan Ziarah Madinah, mengaku sangat bahagia dengan EYAB sebagai salah satu inovasi pemerintah Arab Saudi selain fast track.

Baca: Arab Saudi Terapkan EYAB, Janjikan Layanan Cepat dan Nyaman Bagi Jamaah Haji Pulang ke Indonesia

"EYAB sebagai salah satu inovasi yang kami berikan dan satu keuntungan jamaah haji Indonesia mendapatkan awal inovasi EYAB ini," ujarnya, dilansir dari laman Kemenag, Kamis (5/9/2019).

Disebutkannya, pemerintah Arab Saudi memilih Indonesia sebagai penerima inovasi EYAB untuk pertama kalinya, karena Indonesia memiliki persiapan dan sistem jauh lebih baik.

"Kita bisa saksikan awal kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah sangat baik, sangat rapi," lanjutnya.

Dia juga mengapresiasi kerjasama antar kedua negara yang sangat erat untuk terealisasinya inovasi ini. "InsyaAllah kami berharap, ke depan inovasi ini akan jauh lebih baik dan akan jauh lebih banyak penerimanya baik Indonesia maupun negara-negara lain," tambahnya.

Baca: Satukan Persepsi, ASEAN Bakal Bentuk Forum Haji

Sementara itu, Madjid Abu Daud, Kepala Bandara AMAA, mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama dilaksanakannya program EYAB.

Madjid berharap agar pengalaman EYAB tahun ini dapat dijadikan pertimbangan agar di tahun mendatang jumlah jamaah haji yang menikmati fasilitasa EYAB ini dapat lebih ditingkatkan.

Dia menambahkan EYAB diberikan kepada jamaah Indonesia karena jamaah haji Indonesia dikenal sebagai jamaah haji yang tertib. "Selalu mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, sehingga memudahkan pekerjaan kami di sini," tukas Madjid.

Diketahui, saat pemulangan jamaah haji gelombang I dari Bandara King AbdulAziz Jedah, pemerintah Arab Saudi memberikan kesempatan pada 16 kloter jamaah untuk menikmati fasilitas EYAB. 

Sedangkan jamaah haji gelombang II yang kembali ke Tanah Air melalui Bandara Prince Mohammed Bin AbdulAziz Madinah, Indonesia diberikan slot sebanyak 28 kloter dari total 32 kloter jamaah haji yang menikmati fasilitas EYAB.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0