Nurdin Tampubolon Dukung Penanganan Menyeluruh Pemerintah dalam Wabah Corona :: Nusantaratv.com

Nurdin Tampubolon Dukung Penanganan Menyeluruh Pemerintah dalam Wabah Corona

Ia berharap sektor ekonomi yang masih produktif dioptimalkan dengan didukung kebijakan yang efektif dan efisien
Nurdin Tampubolon Dukung Penanganan Menyeluruh Pemerintah dalam Wabah Corona
Nurdin Tampubolon.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalokasikan Rp 405,1 triliun dari APBN 2020 untuk menangani wabah virus corona di Tanah Air.

Baca juga: ​​​​​​Ini Daftar Lengkap Bantuan Pemerintah Semasa Wabah Corona RI 

Uang tersebut dipakai untuk mengatasi masalah covid-19 secara menyeluruh. 

Antara lain digunakan sebagai dana kesehatan, untuk jaring pengaman sosial atau social safety net, insentif perpajakan, stimulus kredit usaha rakyat (KUR), dan dipakai untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi. 

Politikus sekaligus pengusaha Nurdin Tampubolon, berharap agar seluruh pihak mengawal program dan penggunaan anggaran tersebut. Sehingga tepat sasaran, dan niat baik pemerintah bisa tercapai. 

"Perlu pengawalan yang profesional agar pemulihan ekonomi yang bersamaan dengan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berpedoman kepada undang-undang yang kredibel, agar tidak membebani masyarakat dalam jangka menengah dan jangka panjang," ujar Nurdin di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Nurdin menilai langkah yang diambil pemerintah sejauh ini sudah tepat, karena tetap berusaha menjaga roda perekonomian tetap berjalan, dengan memberikan stimulus-stimulus di seluruh lapisan masyarakat. 

Dirinya pun berharap upaya ini dipertahankan di tengah pandemi, bila perlu ditingkatkan. 

"Pemerintah harus berani mengambil kebijakan ini untuk menjaga stabilitas fiskal dan moneter baik jangka pendek, menengah dan panjang," kata dia. 

Ia turut menyarankan agar sektor-sektor ekonomi yang masih tetap produktif, dimaksimalkan. Optimalisasinya bisa didukung dengan kebijakan yang efisien dan efektif. 

Program atau kebijakan pemerintah yang tak berperan dalam peningkatan ekonomi, juga diusulkannya dihentikan sementara. Hal ini demi menekan defisit keuangan negara. 

"Sektor-sektor ekonomi yang produktif masih dapat dimaksimalkan dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas. Serta memangkas project-project yang tidak berorientasi dalam peningkatan ekonomi, untuk mengurangi defisit APBN," jelas Nurdin. 

"Semoga kebijakan pemerintah dapat mensejahterakan rakyat Indonesia," imbuh pria yang juga anggota Tim Ahli Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
2