Menko PMK: Kalau Tak Sakit Jangan Pakai Masker, Kecuali Punya Duit Banyak :: Nusantaratv.com

Menko PMK: Kalau Tak Sakit Jangan Pakai Masker, Kecuali Punya Duit Banyak

Sejumlah Pihak Memanfaatkan Kepanikan Masyarakat untuk Menaikkan Harga Masker Menjadi Tidak Wajar.
Menko PMK: Kalau Tak Sakit Jangan Pakai Masker, Kecuali Punya Duit Banyak
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Banyaknya berita hoaks yang beredar soal virus corona menyebabkan masyarakat menjadi tak rasional. Hal itu dikatakan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Kondisi ini, menurut menteri kelahiran Madiun, Jawa Timur (Jatim), 63 tahun silam itu, berakibat pada minimnya pasokan masker, bahkan harganya yang melonjak tinggi.

"Berita hoaks atau setengah hoaks hingga menimbulkan suasana chaos, suasana panik, dan membikin masyarakat kita berpikir tidak rasional seperti ramai-ramai memborong masker," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Benarkah Pria Lebih Rentan Terserang Virus Corona?

Disebutkan Muhadjir, sejumlah pihak memanfaatkan kepanikan masyarakat untuk menaikkan harga masker menjadi tidak wajar. Dia menambahkan bahwa sesuai anjuran Menteri Kesehatan (Menkes), jika masker hanya digunakan bagi mereka yang sakit dan orang yang berisiko karena pekerjaan di bidang kesehatan.

"Jadi kalau tidak itu, ya tidak perlu pakai masker. Kecuali punya duit banyak untuk beli masker karena ini sangat berbahaya untuk kepentingan kita, dalam konteks ekonomi jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan peluang dalam keadaan seperti ini," cetus mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era Presiden Joko Widodo (Jokowi)-M. Jusuf Kalla (JK) itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0