Menkes Bantah Virus Corona Masuk Indonesia :: Nusantaratv.com

Menkes Bantah Virus Corona Masuk Indonesia

Menurut dia suspect virus tersebut sejauh ini tak ada
Menkes Bantah Virus Corona Masuk Indonesia
Menkes Terawan Agus Putranto. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto membantah virus corona telah masuk ke Indonesia. Orang yang diduga dirawat karena virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China itu, bahkan menurutnya tak ada.

Baca juga: Rumah Sakit di Papua Barat dan Jambi Rawat Pasien Diduga Terjangkit Virus Corona 

"Enggak ada yang suspect," ujar Terawan  di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, (26/1/2020).

Ia juga membantah virus corona menjangkiti orang yang mengonsumsi kelelawar.

"Hoaks itu. Kelelawar dan semacamnya, enggak ada," tuturnya.

Meski begitu begitu, langkah antisipasi masuknya virus corona telah disiapkan pihaknya. Upaya itu melibatkan berbagai pihak termasuk Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik di bandar udara maupun di bandar laut.

"KKP jangan kendor untuk siaga satu kali 24 jam. Melihat, memantau kedatangan penumpang dan koordinasi terus dengan RS Wahidin," jelasnya.

Terawan juga meminta masyarakat waspada, serta bergaya hidup sehat agar penularan dan ketularan virus itu bisa dicegah.

Sementara, Direktur Utama RSUP Wahidin Sudirohusodo, Khalid Saleh membantah informasi adanya pasien yang terserang virus corona di Makassar dan dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Menurutnya, memang ada seorang laki-laki warga Makassar yang datang Sabtu kemarin, (26/1/2020) pukul 15.00 WITA untuk memeriksakan diri. Sebelumnya pasien ini baru berkunjung ke China selama sepekan yakni pada 13-18 Januari 2020.

"Pasien ini ingin memeriksakan dirinya terkait virus ini ke salah satu RS swasta tapi kami ambil alih dan langsung ke RSUP Wahidin Sudirohusodo. Sudah dilakukan pemeriksaan dan alhamdulillah semua dalam keadaan normal. Pasien ini hanya terkena Ispa," jelas Khalid. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0