Mau Wabah Corona Beres Dalam Sebulan? Ini Caranya.. :: Nusantaratv.com

Mau Wabah Corona Beres Dalam Sebulan? Ini Caranya..

Harus ada gerakan mencuci tangan dan mengenakan masker yang masif di masyarakat, tanpa terkecuali
Mau Wabah Corona Beres Dalam Sebulan? Ini Caranya..
Pusat perbelanjaan yang sepi hingga akhir dipaksa tutup akibat wabah corona.

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito menilai, wabah virus corona di Indonesia bisa selesai dalam satu bulan tanpa harus melakukan lockdown atau karantina wilayah. 

Baca juga: Wanita Hamil Tua di Ngawi Positif Corona 

Asal, seluruh masyarakat kompak menggalakkan cuci tangan dan memakai masker.

"Pasti sebulan lagi juga sudah selesai kalau Indonesia melakukan langkah ini secara kolektif, maka selesai outbreak ini," ujar Wiku, Rabu (8/4/2020).

Ia yakin cuci tangan menggunakan sabun dan mengenakan masker secara kompak, bisa mengakhiri pandemi corona di Indonesia dalam waktu 30 hari. 

"Puncak kasus covid-19 tidak akan terjadi apabila masyarakat secara kolektif menyadari pentingnya cuci tangan dan memakai masker. Mari kita semua cuci tangan, mari kita semua pakai masker," kata dia.

"Dua puluh persen penularan virus corona adalah melalui droplet (lendir hidung dan mulut), 80 persen penularan virus Corona melalui tangan manusia. Jadi kalau dua hal itu dibereskan (dengan masker dan cuci tangan memakai sabun), maka akan ada nol (0) penularan," imbuh Wiku.

Masyarakat juga harus mengadakan masker secara swadaya atau membuat sendiri untuk kemudian dibagi-bagi. Karena, pemakaian masker secara pribadi tak cukup dalam menanggulangi corona secara cepat, jika orang-orang di sekitar masih belum mengenakan masker.

"Kalau mayoritas masyarakat Indonesia mempraktikkan cuci tangan secara sering dan mengenakan masker, maka apakah kasusnya akan naik? Ya tidak bisa naik, karena tidak akan ada jalan masuk penularan. Yang kena makin lama makin sedikit karena masyarakat berubah perlilakunya secara konsisten," papar Wiku.

Masyarakat pun perlu menjaga kondisi psikologi dan kebugaran tubuh di masa physical distancing dan social distancing ini. Salah satu caranya dengan berolahraga. 

Olahraga di luar ruangan baik dilakukan, asalkan menjaga tangan dalam kondisi sudah dicuci dengan sabun sebelum menyentuh mulut, hidung, serta mata. 

Perilaku masyarakat perlu diubah demi menyelamatkan Indonesia dari puncak corona. Pandemi berkepanjangan akan berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat.

"Sampai kapan wabah ini? Sampai kita secara kolektif mampu melakukan perubahan perilaku itu. Kalau kita tidak mampu maka silakan tarik garis sampai kapanpun kita akan hidup dengan Corona dengan jumlah yang banyak, dan korbannya akan banyak, ekonomi kita akan susah. Kalau Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan, ubahlah perilaku Anda," tandas profesor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini. (Detik) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0