Masyarakat Sudah Mudik Sebelum Dilarang, Jokowi: Itu Bukan Mudik, Tapi Pulang Kampung :: Nusantaratv.com

Masyarakat Sudah Mudik Sebelum Dilarang, Jokowi: Itu Bukan Mudik, Tapi Pulang Kampung

Menurut Jokowi lebih baik mereka pulang kampung ketimbang di Jakarta
Masyarakat Sudah Mudik Sebelum Dilarang, Jokowi: Itu Bukan Mudik, Tapi Pulang Kampung
Jokowi saat di Mata Najwa.

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebelum kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah, guna mengatasi wabah virus corona, masyarakat telah berbondong-bondong pulang dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya, ke kampung halaman.

Baca juga: Sondang Tampubolon Mau Kerja Pemerintah Tangani Corona Terukur 

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mereka yang pulang sebelum aturan diberlakukan atau sebelum masa puasa ramadan dan lebaran, bukan disebut mudik, melainkan pulang kampung. 

Hal ini ditegaskan Jokowi saat ditanya Najwa Shihab, mengenai jutaan masyarakat yang sudah berbondong-bondong mudik sebelum keluar pelarangan.

"Kalau itu bukan mudik, itu pulang kampung. Yang bekerja di Jabodetabek, di sini, tidak ada pekerjaan, mereka pulang," ujar Jokowi di acara Mata Najwa, di Trans 7, dikutip Rabu (21/4/2020). 

"Apa bedanya?" tanya Najwa.

"Kalau mudik itu di hari lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung," jelas Jokowi.

"Itu timing (soal waktu) saja kan, faktanya orang sudah mudik dan bisa menyebarkan (virus corona)?" sambung Najwa.

"Coba liat di lapangan, di Jakarta mereka sewa ruang isi delapan orang. Di sini tidak bekerja, lebih bahaya mana? Di dalam ruangan dihuni sembilan orang, tapi pulang kampung tapi sudah disiapkan isolasi oleh desa?" papar Jokowi. 

Sebelumnya, Jokowi melarang masyarakat mudik lebaran guna mencegah penyebaran covid-19 ke daerah-daerah. Sejumlah pihak menilai keputusan yang diambil mantan Wali Kota Solo terlambat. 

"Hari ini saya ingin sampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui konferensi video di Istana Merdeka, Selasa (21/4/2020). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0