Kolaborasi BPIP dan KPK, Tanamkan 9 Nilai Antikorupsi :: Nusantaratv.com

Kolaborasi BPIP dan KPK, Tanamkan 9 Nilai Antikorupsi

KPK Telah Melakukan Banyak Kegiatan Kampanye Tentang Persoalan Integritas yang Dikenal Dengan Sembilan Nilai Antikorupsi.
Kolaborasi BPIP dan KPK, Tanamkan 9 Nilai Antikorupsi
Ilustrasi gedung KPK. (Dok. Humas KPK)

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) berencana merancang kolaborasi menanamkan sembilan nilai antikorupsi. Sekaligus menyebarkan informasi agar masyarakat paham mengenai nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikan Kepala BPIP Yudian Wahyudi di Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (17/2/2020) setelah bertemu Pimpinan KPK. Yudian menjelaskan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar negara bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial.

"Ada 127 juta lebih anak bangsa yang perlu jadi perhatian sesuai perintah Presiden Jokowi. Mereka generasi terputus yang perlu pembinaan nilai Pancasila," ujar Yudian, dilansir dari laman kpk.go.id, Selasa (18/2/2020). 

Baca Juga: KPK Selamatkan Potensi Kerugian Negara Senilai Rp18 Triliun

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyambut baik rencana ini. Menurutnya, KPK telah melakukan banyak kegiatan kampanye tentang persoalan integritas yang dikenal dengan sembilan nilai antikorupsi, jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. 

Sedangkan Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan mengemukakan Direktorat Pendidikan dan Layanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK telah mendorong kampanye itu melalui Pendidikan Antikorupsi (PAK), yang diformulasikan menjadi bentuk insersi mata pelajaran.

"Kampanye soal korupsi tak perlu yang tinggi-tinggi, seputar nyontek saja itu masih banyak juga yang melakukan hal itu, tapi tak pernah ada sekolah yang membuat sanksi jika ketahuan menyontek. Kedua, bahkan di tingkat perguruan tinggi pun hal titip absen masih dilakukan," terang Pahala.

Di akhir pertemuan tersebut, keduanya sepakat akan mengadakan perjanjian kerja sama (MoU) untuk program jangka panjang yang menanamkan nilai Pancasila kepada generasi milenial. "Saya pikir sembilan nilai antikorupsi di KPK itu juga bagian dari Pancasila," tukas Yudian lagi.

Pertemuan ini juga dihadiri  Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, serta Direktur Dikyanmas Giri Suprapdiono, dan Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0