Kedapatan Bawa Air Zam-zam, 150 Koper Jamaah Haji Indonesia SUB-01 Dikembalikan :: Nusantaratv.com

Kedapatan Bawa Air Zam-zam, 150 Koper Jamaah Haji Indonesia SUB-01 Dikembalikan

Kepala Daerah Kerja Makkah telah mensosialisasikan kepada para jamaah agar tidak memasukkan air zam-zam ke dalam koper besar dalam jumlah yang banyak
Kedapatan Bawa Air Zam-zam, 150 Koper Jamaah Haji Indonesia SUB-01 Dikembalikan
Koper jamaah haji Indonesia. (Liputan6)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekitar 150 koper jamaah haji Indonesia Kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB-01) terpaksa harus dikembalikan pihak maskapai untuk dibongkar sendiri oleh jamaah. Hal itu dilakukan karena kedapatan membawa air zam-zam.

Keterangan ini disampaikan Subhan Cholid selaku Kepala Daerah Kerja Makkah, di Makkah, Arab Saudi. Menurutnya, sejak Kamis (15/8/2019) pihak maskapai sudah mulai melakukan penimbangan bagi 15 kloter yang akan dipulangkan pada Sabtu (17/82019).

"Nah, pada hari ini ketika selesai dilakukan penimbangan lalu bagasi itu dibawa ke gudang untuk di X-Ray, itu ada satu truk koper dari Surabaya 1 kedapatan membawa cairan lalu kemudian dikembalikan ke hotel untuk dibongkar sendiri oleh jamaah," ujar Subhan, Jumat (16/8/2019). 

Subhan menyebut pihaknya telah mensosialisasikan kepada para jamaah agar tidak memasukkan zat cair ke dalam koper besar dalam jumlah yang banyak. "Nah tiap tahun, zat cair yang dimaksud adalah air zam-zam," imbuhnya. 

Ia menambahkan berbagai cara dilakukan jamaah untuk memasukkan zam-zam dalam koper. "Ada yang botolnya dibungkus dengan sajadah lima lapis, dibungkus kain ihram, dan sebagainya. Padahal percuma, pasti terdeteksi pada mesin X-ray," tukas Subhan.

Subhan berharap hal ini dapat menjadi pelajaran bagi jamaah-jamaah lain yang akan melakukan penimbangan. "Ini masih bagus, karena masih awal, maka ada waktu untuk dikembalikan kepada jamaah, dan mereka membongkar sendiri," tegasnya.

"Tapi kalau nanti sedang masa puncak kepulangan, jangan harap akan begitu. Koper-koper itu akan dibongkar paksa saat pemeriksaan, dan air zam-zam itu akan dikeluarkan. Dan tentunya tidak akan diangkut," tukas Subhan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0