Kasus Corona Tembus Seribu, Pemerintah Siapkan Aturan Lockdown :: Nusantaratv.com

Kasus Corona Tembus Seribu, Pemerintah Siapkan Aturan Lockdown

Menurut Mahfud banyak pemerintah daerah yang mengusulkan lockdown wilayahnya, namun tak memiliki format yang jelas
Kasus Corona Tembus Seribu, Pemerintah Siapkan Aturan Lockdown
Menko Polhukam Mahfud Md (tengah).

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md mengungkapkan pemerintah tengah menyiapkan aturan mengenai kebijakan lockdown atau karantina wilayah guna mengatasi penyebaran virus corona.

Baca juga: Ada 1.000 Warteg Makan Gratis Buat yang Dompetnya Kering Akibat Corona 

Hal ini dilakukan setelah sejumlah pemerintah daerah mengusulkan karantina wilayahnya. Kendati telah meminta dilakukan lockdown, menurut Mahfud pemerintah daerah belum memiliki format yang jelas mengenai penerapannya. Karenanya tata caranya tengah disusun pemerintah pusat.

"Di situ akan diatur kapan sebuah daerah boleh melakukan pembatasan gerakan yang secara umum sering disebut lockdown, apa syaratnya, kemudian apa yang dilarang dilakukan dan bagaimana prosedurnya," ujar Mahfud di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Aturan atau prosedur lockdown, kata Mahfud harus melibatkan berbagai lembaga pemerintah. Karena bukan hanya kesehatan masyarakat yang diperjuangkan pemerintah dalam penanganan covid-19, tapi aspek lainnya.

"Apabila nanti yang dibatasi itu seumpamanya terjadi karantina wilayah nanti tentu saja tidak boleh ada penutupan lalu-lintas jalur terhadap mobil atau kapal yang membawa bahan pokok. Jadi mobil yang membawa bahan pokok, sembako dan lain-lain, kapal juga dari luar daerah itu tidak boleh ditutup aksesnya," tuturnya.

Pusat perbelanjaan atau supermarket yang menjual bahan-bahan pokok atau pangan, kata Mahfud juga tak boleh ditutup. Kendati nantinya akan ada pengawasan yang ketat.

"Toko-toko, warung-warung, supermarket yang diperlukan oleh masyarakat yang dibutuhkan sehari-harinya itu tidak bisa ditutup, tidak bisa dilarang untuk dikunjungi, tetapi tetap akan dalam pengawasan yang ketat oleh pemerintah. Nah itu soal lockdown," tandas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Penyebaran corona di Indonesia sendiri terus meluas. Jumlah orang yang tertular covid-19 di Tanah Air hingga Jumat (27/3/2020) pukul 12.00 WIB, total mencapai 1.046 orang. Sementara yang meninggal 87 orang dan pasien pulih 46 orang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0