Jumlah Kematian Banyak Tapi Kasus Corona Sedikit, AS Curigai Indonesia :: Nusantaratv.com

Jumlah Kematian Banyak Tapi Kasus Corona Sedikit, AS Curigai Indonesia

AS meminta Indonesia lebih sering dan banyak melakukan tes covid-19
Jumlah Kematian Banyak Tapi Kasus Corona Sedikit, AS Curigai Indonesia
Corona di Indonesia.

Jakarta, Nusantaratv.com - Amerika Serikat (AS) curiga dengan jumlah pasien virus corona di Indonesia, yang dinilai tak sebanding dengan angka kematian. Hal ini dinyatakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention/CDC.

Baca juga: ODP Corona RI 139 Ribu, PDP 10 Ribu 

"Jika sebuah negara melampirkan data, lalu kita melihat sedikitnya jumlah kasus tetapi angka kematian yang relatif tinggi, kami menjadi penasaran jika masih ada kasus-kasus (Covid-19) yang mungkin belum terlaporkan," ujar CDC Covid-19 Task Force Lead, Barbara Marston, Rabu (15/4/2020).

"Kami melihat di Indonesia memiliki jumlah kasus corona parah dan tingkat kematian yang tinggi. Hal itu membuat kami bertanya apakah jika dilakukan lebih banyak pemeriksaan lagi jumlah kasus akan bertambah," imbuhnya.

Kendati demikian, Marston menegaskan bukan berarti CDC menilai laporan pemerintah Indonesia mengenai jumlah kasus dan kematian akibat covid-19, salah atau tak tepat.

Pihak hanya berharap pemerintah Indonesia bisa melakukan lebih banyak lagi tes corona, sehingga kasus-kasus lainnya teridentifikasi.

"Kami tidak mempertanyakan laporan resmi, kami tidak melakukan itu, tapi kami membayangkan jika dilakukan lebih banyak tes lagi akan mampu mengidentifikasi pasien-pasien ini," jelas Marston.

Indonesia diketahui merupakan salah satu negara dengan tingkat pengetesan corona terendah di dunia. Berdasarkan data referensi statistik Worldometers, Rabu (15/4), Indonesia baru melakukan tes terhadap 31.628 orang. Artinya, Indonesia baru melakukan tes corona terhadap 116 orang per satu juta populasinya.

Sedangkan negara tetangga seperti Malaysia, telah melakukan 84.791 tes corona, artinya mereka melakukan 2.620 tes per satu juta populasi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
2
wow
0