Jokowi Sebut Penggunaan Klorokuin Harus Lewat Resep Dokter :: Nusantaratv.com

Jokowi Sebut Penggunaan Klorokuin Harus Lewat Resep Dokter

Presiden Jokowi Akui Obat untuk COVID-19 Memang Belum Ada Antivirusnya.
Jokowi Sebut Penggunaan Klorokuin Harus Lewat Resep Dokter
Presiden Jokowi. (BPMI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penggunaa obat Klorokuin dalam menyembuhkan orang yang positif virus corona (COVID-19), tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus dengan resep dokter. 

"Dan pada pagi hari ini saya juga ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan Klorokuin. Ini adalah produksi negara kita, produksi Kimia Farma," kata Kepala Negara, dilansir dari laman setkab.go.id, Senin (23/3/2020).

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi usai pengecekan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, pada Senin (23/3/2020). Mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) itu mengakui jika obat untuk COVID-19 memang belum ada antivirusnya. Dia menambahkan Klorokuin bukanlah obat first line, tapi obat second line.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Berpulangnya Tenaga Medis yang Tangani COVID-19

"Tapi dari pengalaman beberapa negara, Klorokuin ini sudah digunakan dan banyak pasien COVID-19 yang sembuh dan membaik kondisinya. Jadi untuk pasien COVID-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya Klorokuin ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebagai informasi, selain Klorokuin, Pemerintah juga telah menyiapkan Avigan sebagai alternatif untuk pasien COVID-19. Dan, obat ini sudah dicoba oleh sejumlah negara dan memberikan kesembuhan.

Indonesia telah mendatangkan 5 ribu pak, dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kemudian Klorokuin, Indonesia telah memiliki stok sebanyak 3 juta. 
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0