Jokowi Pamer Teknologi Bendung Modular untuk Naikan Tinggi Muka Air Sungai Gugubali :: Nusantaratv.com

Jokowi Pamer Teknologi Bendung Modular untuk Naikan Tinggi Muka Air Sungai Gugubali

Teknologi bendung modular ini juga dapat digunakan pada saluran irigasi premier, sekunder, dan tersier dengan keunggulan dari segi mutu konstruksi dan biaya.
Jokowi Pamer Teknologi Bendung Modular untuk Naikan Tinggi Muka Air Sungai Gugubali
Teknologi bendung modular untuk menaikan tinggi muka air sungai Gugubali. (Facebook Presiden Joko Widodo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menggunakan teknologi bendung modular untuk menaikkan tinggi muka air Sungai Gugubali. Teknologi ini bisa dimanfaatkan mengairi saluran irigasi di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Teknologi ini dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) Ditjen SDA Kemenpupera dan telah terdaftar secara paten di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Teknologi bendung modular ini juga dapat digunakan pada saluran irigasi premier, sekunder, dan tersier dengan keunggulan dari segi mutu konstruksi dan biaya serta direkomendasikan untuk diterapkan pada sungai upper middle reach dengan tipe material sedimen yang dominan berupa pasir halus sampai kerikil.

Baca Juga: Kementerian PUPR Kirim Bantuan Air Bersih di Kawasan Gunung Kidul

"Bendung dan tanggul ini sungguh indah. Seperti susunan balok warna biru dan kuning selang-seling yang di sela-selanya air mengalir dari bendungan di atasnya. Inilah bendung Sungai Gugubali di Pulau Morotai, Maluku Utara yang dibangun Kementerian PUPR tahun lalu. Lebarnya 30 meter, untuk mengairi daerah irigasi seluas 300 hektare," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui fanpage Facebook-nya, yang dikutip nusantaratv, Senin (23/9/2019).

"Balok-balok biru kuning itu adalah susunan blok-blok beton tipe Pusair yang saling mengikat dan mengunci, membentuk struktur ambang dan pelimpah bendung. Inilah teknologi Bendung Modular untuk menaikkan tinggi muka air Sungai Gugubali yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR," lanjutnya.

Dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu, inovasi teknologi ini bermanfaat untuk daerah terpencil seperti Pulau Morotai. Konsep bendung modular memiliki sambungan yang kuat, cukup kedap untuk mengurangi kehilangan air, dan strukturnya dapat beradaptasi dengan perubahan dasar sungai. Balok yang rusak dapat diganti sesuai bagiannya.

"Inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah. Dan satu hal lagi, ini karya anak bangsa sendiri," tambah Kepala Negara.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0