Jika Sampai Juni Corona Belum Kelar, PHK Massal Diprediksi Terjadi :: Nusantaratv.com

Jika Sampai Juni Corona Belum Kelar, PHK Massal Diprediksi Terjadi

Para pengusaha mengaku hanya sanggup bertahan tiga bulan di kondisi saat ini
Jika Sampai Juni Corona Belum Kelar, PHK Massal Diprediksi Terjadi
Ilustrasi buruh pabrik. (Tech Asia)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perekonomian menjadi sektor yang turut terdampak dari mewabahnya virus corona di Tanah Air. Salah satunya menyasar para pengusaha. 

Baca juga: Selama PSBB Perkantoran Tutup, Kecuali 8 Sektor Ini.. 

Mereka mengaku hanya mampu bertahan menghadapi dampak covid-19 hingga bulan Juni 2020. Arus kas atau cash-flow mereka hanya sanggup bertahan setidaknya tiga bulan, dalam kondisi mengeluarkan uang tanpa memperoleh pemasukan. 

"Hasil dari melakukan koordinasi daya tahan mereka maksimal sampai Juni, bahkan April sudah tak kuat lagi," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. 

Jika lewat dari masa waktu tersebut, pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dipastikan bakal terjadi. 

Menurut Hariyadi hampir semua sektor terdampak pandemi corona. Mulai dari pariwisata, transportasi, hingga industri manufaktur. 

Sementara, Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono, menyebut daya tahan pengusaha di Indonesia berbeda tergantung sektornya. Tapi, secara umum mereka hanya akan kuat membiayai pengeluaran tanpa pemasukan, sampai tiga bulan ke depan. 

"Hasil konferensi call kita di Apindo dengan teman-teman di daerah dan pelaku sektoral, bisa kita ambil kesimpulan sementara daya tahan cash-flow kita hanya sampai bulan Juni tahun ini. Lewat dari itu cash-flow kering, kita tidak akan sanggup membiayai pengeluaran, tanpa pemasukan alias tutup," kata dia. (CNBC) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
1
angry
0
sad
0
wow
0